Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin meminta PT Bank Syariah Indonesia Tbk atau BSI untuk mendukung pengembangan kewirausahaan syariah di dalam negeri. Caranya dengan peningkatan porsi pembiyaan pada sektor-sektor produktif.

“Arahkan pengembangan dan pembiayaan BSI untuk menumbuhkan bisnis dan Kewirausahaan syariah di sektor sektor unggulan rantai nilai halal,” tuturnya dalam acara BSI International Expo, di JCC, Jakarta, Kamis, 20 Juni.

Contohnya, sambung Ma’ruf, pertanian, makanan dan minuman, pariwisata ramah muslim, fesyen, kosmetik hingga ekosistem bisnis umrah dan haji.

Lebih lanjut, Ma’ruf bilang tumbuhnya kewirausahaan menjadi kunci penting dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di dalam negeri.

“Mengembangkan usaha usaha syariah dan pengusaha pembisnis syariah merupakan kunci, kalau tidak ada para pengusaha, tidak bisa termanfaatkan industri keuangan maupun industri halal,“ tuturnya.

Selain itu, Ma’ruf juga meminta BSI menggencarkan fasilitas pembiyaan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah atau UMKM) di dalam negeri.

Lebih lanjut, Ma’ruf mengatakan, peningkatan fasilitas pembiayaan tersebut akan mendorong industri halal di Indonesia.

Termasuk juga memacu ekspansi dan inklusi keuangan syariah.

“Tingkatkan juga porsi pembiayaan dan fasilitas pendampingan bagi pelaku usaha UMKM dan pelaku usaha industri ini agar mendorong pertumbuhan industri halal dan memacu ekspansi dan inklusi keuangan syariah serta dana sosial syariah,” ujarnya.