Bagikan:

JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan memberi sinyal harga eceran tertinggi (HET) minyak goreng kemasan sederhana, Minyakita akan segera naik dalam waktu dekat.

Pria yang akrab disapa Zulhas ini bilang kenaikan HET Minyakita akan dibahas dalam rapat yang akan digelar usai Hari Raya Iduladha atau 17 Juni mendatang.

“Iya, tunggu rapat ya. Saya akan usulkan di rapat ya. Mudah-mudahan habis Lebaran lah, habis Iduladha,” katanya di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis, 13 Juni.

Sekadar informasi, kabar kenaikan HET Minyakita sudah mencuat sejak akhir tahun 2023.

Awalnya, kenaikan HET ini akan ditentukan setelah Pemilu pada Februari 2024. Namun hingga saat ini kenaikan tersebut belum teralisasi.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengungkapkan bahwa pihaknya akan mengusulkan kenaikan harga eceran tertinggi (HET) Minyakita sebesar Rp1.500 per liter di dalam rapat dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Zulhas mengatakan dengan usulan kenaikan tersebut, maka ke depan Minyakita akan dibanderol sebesar Rp15.500 per liter.

Adapun saat ini harga Minyakita dibanderol sebesar Rp14.000 per liter. Harga tersebut bertahan sejak ditetapkan pertama kali pada tahun 2022 lalu.

“Kalau sudah rapat di menko, nanti ada undangan, saya akan usul ya. Saya akan usulkan Rp1.500 per liter. Usulnya, jadi Rp15.500, usulan,” katanya kepada wartawan, di Jakarta, Selasa, 28 Mei.

Menurut Zulhas, HET Minyakita memang sudah saatnya revisi dan dinaikkan. Mengingat, bahwa harga tersebut sudah tidak sesuai dengan harga produksi.

“Memang sudah waktunya untuk dinaikkan,” ujarnya.