Bagikan:

JAKARTA - Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo mengatakan, sistem kelistrikan di Ibu Kota Nusantara (IKN) berbasis pada energi baru terbarukan (EBT).

Darmawan menyebut, pihaknya sudah menyiapkan hydropower di ibu kota baru tersebut.

Hal ini dilakukan untuk menjamin sistem kelistrikan di IKN berbasis EBT hingga 20 tahun mendatang.

"Kami jalankan tugas kami, insyaallah Upacara 17 Agustus di IKN listriknya sudah 100 persen dari energi baru terbarukan. Kami sudah menyiapkan hydropower di sekitar IKN, yang mana sampai 20 tahun mendatang listriknya tetap 100 persen dari EBT," ujar dia saat melakukan groundbreaking PLN Hub di IKN, Kalimantan Timur, Rabu, 5 Juni.

Dia mengungkapkan, pembangunan PLN Hub di jantung IKN bukan hanya untuk kepentingan perusahaan, melainkan untuk membangun ekosistem kelistrikan di IKN yang besar.

Rencananya, PLN Hub akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat mendukung jejaring bisnis dan mitra yang selama ini berkolaborasi dengan PLN.

Dalam pembangunan PLN Hub, kata Darmawan, pihaknya mengerahkan arsitek terbaik yang dimiliki Indonesia.

Dia juga memastikan proyek ini menjadi episentrum dari penelitian dan pengembangan, baik secara nasional maupun internasional.

"Konsep kami di sini green, smart and beautiful. Kami bangun PLN Hub yang menyatu dengan alam. Kami pastikan menjadi episentrum dari research and development, episentrum dari semangat kolaborasi. Bukan hanya nasional, regional, tetapi juga internasional, pusat bisnis, teknologi, pendidikan, yang mendukung IKN dan transisi energi sampai ke masa depan," ungkapnya.