Bagikan:

JAKARTA - Kilang Pertamina Balikpapan yang terbakar dilaporkan sudah padam. Api kebakaran tersebut sempat membubung tinggi sejak Subuh tadi.

Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Hermansyah Y Nasroen membenarkan akan terjadinya kebakaran. Dirinya menegaskan kebakaran tersebut telah padam.

"Sudah padam, Alhamdulillah," ujarnya melalui pesan singkat kepada VOI, Sabtu, 25 Mei Pukul 07.05 WIB.

Sebelumnya, Kebakaran dilaporkan terjadi pada Refinery Unit V Kilang Pertamina Balikpapan pada Sabtu, 25 Mei. Sejumlah video menunjukkan besarnya kobaran api.

“Jam 04.30 api sudah membesar kelihatan dari rumah saya, Kaget ada api besar, ” kata Irma warga Jalan Arjuna Balikpapan Barat.

Kebakaran terjadi pada Kilang Pertamina Balikpapan, di Jalan Yos Sudarso, Balikpapan Barat, Kalimantan Timur.

Informasi yang dikutip melalui relawan bencana Balikpapan, kejadian itu bermula sekira pukul 05.06 Wita.

Dalam video yang disampaikan para relawan, tampak "si jago merah" menghanguskan salah satu bagian di KPI.

Akses jalan menuju lokasi ditutup petugas ketika sejumlah jurnalis di Kota Minyak itu akan meliput peristiwa kebakaran. Penutupan jalan mulai dari Jalan Yos Sudarso, hingga kawasan Panorama.

Di setiap persimpangan menuju kawasan itu, terdapat petugas keamanan Kilang Pertamina Unit Balikpapan bersama aparat kepolisian.

Kemacetan pun terjadi terutama di jalan menuju kawasan Balikpapan Barat.

Meskipun hujan deras turun di kawasan kilang itu, api terlihat masih berkobar, bahkan asap hitam juga nampak terlihat dari hingga belasan kilometer.