Bagikan:

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) memprediksi ada 780.679 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek selama periode libur panjang Hari Raya Waisak 2024 atau pada Rabu, 22 Mei hingga Minggu, 26 Mei 2024.

"Total volume lalin yang meninggalkan wilayah Jabotabek ini diprediksi naik 6 persen jika dibandingkan lalin normal (736.459 kendaraan)," ujar Marketing & Communication Department Head Jasa Marga Faiza Riani dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Rabu, 22 Mei.

Adapun total tersebut merupakan angka kumulatif arus lalu lintas (lalin) dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (ke arah Merak), GT Ciawi (ke arah Puncak), GT Cikampek Utama (ke arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (ke arah Bandung).

Untuk distribusi lalin meninggalkan Jabotabek menuju ketiga arah yaitu mayoritas sebanyak 345.834 kendaraan (44,3 persen) menuju arah Timur (Trans Jawa dan Bandung), 237.373 kendaraan (30,4 persen) menuju arah Barat (Merak), dan 197.472 kendaraan (25,3 persen) menuju arah Selatan (Puncak).

"Proyeksi puncak lalu lintas tertinggi meninggalkan Jabotabek akan terjadi pada Rabu, 22 Mei 2024, sebesar 169.321 kendaraan atau naik 21,9 persen terhadap lalin normal," katanya.

Dengan melihat peningkatan volume kendaraan yang akan meninggalkan wilayah Jabotabek tersebut, kata Faiza, Jasa Marga memastikan kesiapan layanan operasi jalan tol Jasa Marga Group berjalan dengan optimal.

Terutama, di ruas jalan tol yang berpotensi menjadi destinasi wisata favorit pengguna jalan saat libur panjang, seperti Jalan Tol Jagorawi untuk kearah Puncak dan sekitarnya serta Jakarta-Cikampek dan Cipularang untuk yang menuju arah Trans Jawa dan Bandung.

"Jasa Marga juga akan memastikan berfungsinya peralatan tol di gardu serta menambah jumlah petugas dan mobile reader untuk menambah kapasitas transaksi di gerbang tol utama," ucapnya.

Lebih lanjut, Faiza menuturkan, menjelang libur Hari Raya Waisak 2024, Jasa Marga juga memastikan layanan preservasi/pemeliharaan agar kualitas jalan tol Jasa Marga Group terjaga dalam kondisi baik.

"Tim Jasa Marga juga terus siaga untuk menangani potensi gangguan kondisi jalan tol secara cepat dan tepat," ungkapnya.

Adapun Faiza mengimbau kepada pengguna jalan agar mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

"Pastikan kendaraan maupun kondisi pengendara dalam keadaan prima, pastikan juga kecukupan BBM dan saldo uang elektronik, pergunakan rest area untuk beristirahat jika lelah berkendara serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas," imbuhnya.