Bagikan:

JAKARTA - Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengapresiasi capaian pertumbuhan ekonomi RI yang konsisten di kisaran 5 persen dalam beberapa tahun terakhir. Jerry menilai, hal ini dapat terwujud lantaran adanya kolaborasi bersama.

"Kami sedang menghadapi tahun-tahun yang harus lebih semangat. Saya bicara pertumbuhan ekonomi kami stabil di kisaran 5 persen, enggak pernah kami di bawah 4 persen. Artinya, kondusif, bagus, stabil dan yang paling penting konsisten," ujar dia saat memberikan sambutan dalam acara Inabuyer B2B2G Expo 2024 di Gedung Smesco, Jakarta, Rabu, 15 Mei.

Selain itu, Jerry pun menyebut bahwa neraca perdagangan RI saat ini masih surplus di angka rata-rata 2 miliar dolar AS.

"Kami akumulasi sampai Maret (2024) itu sekitar 7 miliar Dolar AS. Tentu ini didukung semua pihak tak hanya Kemendag, tetapi juga para pelaku," katanya.

Dia menambahkan, angka inflasi RI juga masih tetap terjaga yakni di bawah 3 persen. Hal ini pun menunjukkan bahwa inflasi RI masih terbilang bagus dibandingkan negara-negara lain di dunia.

"Inflasi (RI) bagus. Makanya terima kasih kepada seluruh jajaran yang sudah berupaya bahu-membahu. Kami di bawah 3 persen, ini cukup rendah, yang mana negara-negara lain di seluruh dunia inflasinya tinggi," katanya.

Menurut Jerry, ketiga hal tersebut berhasil dicapai berkat koordinasi yang baik antara kementerian/lembaga, baik Kemendag, Kemenkop UKM serta pemerintah daerah (pemda).

"Dan jangan lupa pemda. Ini penting, kenapa? Karena kalau kami bicara penting karena kalau kami bicara produk-produk banyaknya di daerah. Dan di daerah bersinergi dengan lintas pemda. Ini yang harus kami tanamkan dan ingat-ingat bahwa memajukan produk-produk harus banyak koordinasi dan sinergi," ungkapnya.