Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menggelar Bazar Pekan Kesehatan selama 13-16 Mei 2024 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta.

Acara ini menghadirkan sejumlah booth mengenai kesehatan yang bisa memberikan edukasi seputar gaya hidup sehat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, wisata kesehatan harus digiatkan ke depan untuk mengoptimalkan potensi lebih dari Rp170 triliun yang selama ini dibelanjakan oleh masyarakat Indonesia untuk mendapatkan kesehatan di luar negeri.

"Atas nama Kemenparekraf, kami ikut mendorong Pekan Kesehatan yang kami lakukan bersama dengan industri kolaborasi bersama komunitas. Di sini ada kegiatan mengukur lingkar pinggang, tes darah dan beberapa kegiatan lainnya," ujar Menparekraf Sandiaga dalam keterangan resminya, Senin, 13 Mei.

"Karena kami meyakini bahwa kesehatan adalah yang utama dan wisata berbasis kesehatan ini harus kami giatkan ke depan. Kegiatan seperti ini sangat mendukung wellness tourism," sambungnya.

Sandiaga menyebut, ada 15 tenant yang ikut berpartisipasi, mulai dari kesehatan gigi, mata, asupan makanan sehat hingga yang lainnya.

Dia menuturkan, pekan kesehatan ini bisa menjadi inspirasi untuk masyarakat agar selalu sadar akan gaya hidup yang sehat.

"Kami harapkan ini bisa jadi kegiatan rutin. Kalau bisa sustaining kami lakukan setiap pekan, karena saya ingin menjadi budaya dan bisa membawa perubahan dalam pengelolaan kesehatan masyarakat," katanya.

Sementara itu, Sekretaris Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani mengatakan, Pekan Kesehatan ini terdiri dari tiga kegiatan utama, yaitu seminar kesehatan dengan tema 'Pemeriksaan Mulut Sendiri (SAMURI) untuk Deteksi Kanker Mulut', Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular yang merupakan pemeriksaan/deteksi dini dan pameran produk-produk kesehatan.

"Silakan di antara kesibukan bapak/ibu masing-masing untuk dapat mengkomunikasikan kepada teman-temannya untuk menyempatkan diri hadir melakukan check up yang kami sediakan dan juga beberapa pelayanan yang bisa kami berikan di Balairung serta berpartisipasi pada acara yang kami selenggarakan," ungkapnya.