Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan bahwa menjelang akhir masa jabatannya masih ada sekitar enam proyek strategis BUMN yang belum selesai dari 88 proyek.

“Jadi dari 88 (proyek strategis BUMN) itu sudah 82 (yang rampung),” ujar Erick ditemui di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Minggu, 5 Mei.

Erick mengatakan masih ada enam proyek yang sedang proses penyelesaian. Namun, menurut Erick  dari enam proyek kemungkinan hanya lima yang akan rampung.

“Masih ada 6 (yang belum selesai). Tapi, ada satu yang cukup sulit untuk diselesaikan. Tapi ya, tidak mungkin ya kita menyelesaikan pekerjaan 100 persen, sempurna milik Allah,” katanya.

Sebelumnya, Staf Khusus (Stafsus) Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan sebanyak 79 dari 88 proyek startegis BUMN sudah selesai. Arya menyatakan, sisa sembilan proyek strategis ini akan diselesaikan sebelum masa pemerintahan Presiden Jokowi selesai.

“Mudah-mudahan Oktober selesai,” katanya saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Rabu, 21 Februari.   Arya mengatakan, salah satu yang sedang dikerjar adalah penyelesaian proyek Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sanur.

Setelah hotel diresmikan, selanjutnya yang dikejar penyelesaian pembangunannya adalah rumah sakit. “KEK Sanur, kemarin sudah diresmiin tuh hotelnya. Tinggal nunggu rumah sakitnya, ya mungkin perkiraan semester II awal sudah jalan,” tuturnya.

Selain KEK Sanur, Arya mengatakan pihaknya juga sedang menggenjot refocusing organisasi BUMN Pangan. Kemudian, transisi batu bara menjadi energi baru terbarukan (EBT).

Arya mengungkapkan proyek strategis yang juga tengah dikebut adalah penyehatan keuangan BUMN Farmasi. Ada juga, unlock value PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI). “Proses unlock BSI juga tengah berlangsung,” katanya.

Kemudian, sambung Arya, proyek Baru Tanjung Benoa juga ditargetkan selesai pada semester II awal tahun ini. Termasuk juga penyehatan dan integrasi BUMN karya.

“Baru penyehatan dan integrasi BUMN karya. Itu butuh waktu, tapi itu kan tahapan awalnya bakal dapatlah. Artinya, bentuknya mulai kelihatan,” ujarnya.