33 Penerbangan Terdampak Erupsi Gunung Ruang, AirNav Terbitkan Notam Ditutupnya Bandara Sam Ratulangi
Bandara Sam Ratulangi (Foto: AP)

Bagikan:

JAKARTA - Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia atau AirNav Indonesia menerbitkan Notice to Airmen (Notam) atau informasi penerbangan terkait dengan ditutupnya Bandara Sam Ratulangi Manado, Sulawesi Utara. Notam tersebut dikeluarkan pascaerupsi Gunung Ruang pada Rabu, 17 April.

Direktur Operasi AirNav Indonesia Riza Fahmi mengatakan, Notam tersebut bernomor A1000/24 NOTAMR A0999/24 dan diperpanjang penutupannya sampai dengan 23.59 WITA Kamis 18 April 2024 dengan nomor NOTAM: A1003/24.

"Kami akan update lagi apabila sudah ada perkembangan lanjutan," ujar Fahmi mengutip Antara.

Fahmi menyebutkan saat ini ada 33 penerbangan di Bandara Sam Ratulangi yang terdampak akibat letusan Gunung Ruang, yaitu 18 keberangkatan dan 15 kedatangan.

Lebih lanjut, terdapat tiga pesawat kargo dan selebihnya adalah pesawat penumpang. Diperkirakan jumlah penumpang yang terdampak sekitar 3.182 orang.

Data yang didapatkan berdasarkan Citra satelit BMKG jam 01.30 UTC atau 09.30 WITA terdeteksi sebaran debu vulkanik yang menyebar di beberapa wilayah Sulawesi Utara. Hasil papertest yang dilakukan oleh tim Bandara Sam Ratulangi Manado teramati adanya abu vulkanik yang sampai ke permukaan.

"AirNav Indonesia akan terus bekerja sama dengan stakeholder terkait yaitu Angkasa Pura I, BMKG, dan Otoritas Bandara setempat untuk memastikan penerbangan di Manado dan sekitarnya aman terkendali," kata Fahmi.