Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat sebanyak 255.428 pengguna tercatat menggunakan LRT Jabodebek selama periode libur panjang Lebaran 2024.

Jika dirata-rata ada 25.500 pengguna setiap hari yang memanfaatkan moda transportasi ini.

Adapun periode libur Lebaran yang ditetapkan LRT Jabodebek mulai tanggal 6 hingga tanggal 15 April 2024.

Manager Public Relations RT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan jumlah pengguna tertinggi terjadi pada H+3 Lebaran atau tanggal 13 April, dimana ada sebanyak 36.937 pengguna yang dilayani.

“Peningkatan jumlah pengguna setelah hari Lebaran sendiri mencapai 73 persen, jika dibandingkan periode sebelum Lebaran,” katanya dalam keterangan resmi, Rabu, 17 April.

Pada periode 6 hingga 10 April, Mahendro bilang jumlah pengguna LRT Jabodebek mencapai 93.332 pengguna, sedangkan pada periode 11 hingga 15 April jumlahnya meningkat signifikan hingga mencapai 162.096 pengguna.

“KAl menyampaikan terima kasih atas antusiasme masarakat menggunakan RT Jabodebek pada moment libur panjang Lebaran tahun ini. Hal ini merupakan bukti bahwa masyarakat percaya dan mengandalkan IRT Jabodebek,” jelasnya.

Selama 10 hari libur panjang tersebut, stasiun dengan jumlah pengguna terbanyak yang dilayani yakni stasiun Dukuh Atas dengan 114.565 pengguna, disusul Stasiun Hariamukti sebanyak 62.189 dan Stasiun Bekasi Barat sebanyak 51.283.

“Jumlah pengguna yang dilayani di ketiga stasiun tersebut pada libur panjang Lebaran juga menunjukkan peningkatan yang bervariatif antara 15 hingga 45 persen, jika dibandingkan pada saat akhir pekan weekend atau hari libur pada bulan Maret,” katanya.

KAI pada libur panjang 6 hingga 15 April mengoperasikan 260 perjalanan LRT Jabodebek setiap harinya untuk melayani masyarakat.

Pengoperasian LRT Jabodebek pada saat Lebaran tahun ini menjadi pertama kalinya sejak resmi beroperasi pada 28 Agustus 2023 lalu.

“KAI berharap antusias dan kepercayaan masyarakat dan pengguna dalam memilih seta menggunakan LRT Jabodebek akan terus berlanjut kedepannya. Kepercayaan ini akan menjadi motivasi bagi KAI untuk memenuhi harapan pengguna serta memacu KAl untuk meningkatkan keandalan dan konsistensi pelayana RT Jabodebek,” jelasnya.