4 Peluang Bisnis Barang Vintage yang Menggiurkan, Banyak Diburu Gen Z
Peluang bisnis barang vintage (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Siapa sangka bahwa barang-barang vintage justru diminati oleh banyak orang. Melihat tingginya permintaan terhadap barang tersebut, peluang bisnis barang vintage cukup menjanjikan. Tak hanya itu, barang vintage umumnya juga dijual dengan harga yang tinggi. 

Bisnis barang vintage menyasar market tersendiri, yaitu para kolektor atau pecinta barang-barang lawas. Barang-barang yang dijual pun sangat bervariasi, baik dari segi tahun produksi maupun harga yang ditawarkan. 

Meski termasuk benda usang atau sudah lalu, namun barang vintage memiliki daya tarik tersendiri. Para kolektor senang mengoleksi barang vintage karena selera atau hobi tersendiri. Saat ini barang-barang jadul atau klasik juga kembali tren di kalangan Gen Z. 

Tren barang-barang vintage kembali naik di kalangan anak muda sekarang. Barang-barang keluaran lawas ini tak hanya diincar para orang tua, namun juga dilirik oleh generasi sekarang. Lantas seperti apa peluang bisnis barang vintage dan peminatnya di zaman now?

Peluang Bisnis Barang Vintage

Ada banyak sekali toko atau seller yang menjual barang-barang vintage. Toko barang-barang klasik sangat mudah ditemukan berbagai daerah, khususnya kota-kota besar. Mereka sudah berjualan barang vintage sejak lama dan masih bertahan hingga sekarang karena peminatnya yang tak pernah mati. 

Peluang bisnis barang vintage makin menjanjikan sejak beberapa waktu belakangan. Permintaan terhadap barang vintage semakin tinggi seiring bermunculan banyak kafe berkonsep industrial dan gaya klasik. Kafe-kafe ini membutuhkan berbagai perabotan lawas untuk dekorasi. 

Pesona barang-barang vintage juga mampu menggaet ketertarikan dari Gen Z. Saat ini banyak sekali anak-anak muda yang hunting barang-barang klasik, meskipun mereka tidak pernah memiliki pengalaman langsung di zamannya. Tapi bagi mereka,  barang vintage memiliki nilai dan keunikan tersendiri yang membuatnya eksklusif. 

Jadi bisa dibilang barang-barang vintage menjangkau semua kalangan atau generasi. Jika Anda tertarik untuk memulai bisnis ini, berikut ini ide bisnis barang vintage yang bisa dipertimbangkan:

Jam Antik

Salah satu barang vintage yang digemari oleh berbagai kalangan adalah jam antik. Banyak orang mencari jam anti sebagai penghias rumah. Biasanya jam model lawas ini dijadikan dekorasi di rumah yang berkonsep jadul atau klasik. 

Jenis jam antik yang banyak diincar adalah jam yang ada loncengnya. Jam-jam seperti ini sudah tidak banyak diproduksi lagi setelah era digital. Di samping tren pemakaian jam digital, masih banyak orang yang suka mengoleksi jam antik.  

Radio Antik

Selain jam antik, radio lawas juga termasuk peluang bisnis barang vintage yang menggiurkan. Masih banyak orang yang berminat memiliki radio model lawas. Meski sedang di eranya konten-konten audio visual, ternyata tidak tidak sedikit orang yang masih suka dengerin radio. 

Radio antik yang masih berfungsi biasanya memiliki harga jual yang tinggi. Biasanya barang ini diburu oleh para kolektor atau orang pecinta siaran radio. Selain itu, radio antik yang sudah mati juga banyak dibeli untuk hiasan rumah.

Perabot Antik

Penjualan perabotan antik terbilang laris saat ini. Mebel atau furniture lawas sedang banyak dicari untuk dekorasi rumah. Ada yang membelinya untuk keperluan pribadi, seperti membuat kamar berkonsep vintage, ruang tamu gaya industrial, dan lainnya. 

Bermunculan banyak kafe bergaya klasik dan industrial juga mempengaruhi tingginya pembelian barang vintage. Perabotan antik banyak dicari untuk properti pelengkap kafe, restoran, maupun toko-toko tertentu. 

Kamera Lawas

Komunitas kamera analog mulai bermunculan kembali dan viral di media sosial. Komintas ini diikuti oleh orang-orang dari berbagai kalangan yang hobi memotret dengan kamera analog.  Jenis kamera ini memiliki kualitas yang tak kalah bagus dengan kamera modern.

Melihat tren penggunaan kamera analog sedang meningkat, barang vintage ini bisa menjadi peluang bisnis yang menarik. Semakin antik atau tua kamera analog, maka barang tersebut memiliki harga lebih mahal. Namun nilai kamera analog juga dilihat dari fungsi dan kualitas hasil jepretannya. 

Demikianlah beberapa peluang usaha barang vintage yang bisa Anda pertimbangkan. Seolah tak bakal punah, barang-barang tersebut masih digemari hingga saat ini. Tak cuma diburu oleh orang-orang tua, barang vintage juga menjadi incaran para generasi sekarang baik untuk keperluan pribadi atau lainnya. Baca juga peluang bisnis mobil bekas yang selalu dicari bapak-bapak.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.