Kala Sandiaga Uno Dipuji Sri Mulyani soal Kinerja Kemenparekraf
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bercerita bahwa pihaknya menekankan kunci kolaborasi untuk memajukan sektor parekraf Indonesia.

"Saya mendorong kolaborasi dan ekonomi kreatif ini tumbuh karena kolaborasi yang sangat luar biasa," ujar Menparekraf Sandiaga dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta, dikutip Selasa, 26 Maret.

Sandiaga juga bercerita dengan langkah yang dilakukan pihaknya itu, dia mendapatkan pujian dari Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani. Pasalnya, Kemenparekraf sendiri terbilang jarang untuk meminta anggaran lebih guna menjalankan seluruh program andalannya.

"Saya diberitahu oleh Bu Sri Mulyani kontribusi parekraf ini tergolong tinggi walaupun anggarannya enggak pernah minta lebih. 'Waduh, ini saya tersentuh Bu Sri Mulyani'," katanya.

Dia menambahkan, saat itu dirinya sedang menyerahkan laporan pajak di istana presiden.

Lalu, Sri Mulyani langsung memberitahukan Sandiaga soal kinerja kementeriannya di tengah terbatasnya jumlah anggaran yang diterima oleh Kemenparekraf.

"Saat saya menyerahkan pajak di istana, (Sri Mulyani) menyampaikan begitu. 'Ini Pak Sandi (sektor parekraf) penyumbang tertinggi (terhadap PDB) setelah migas'. Tapi, enggak pernah minta (anggaran) lebih," ujar dia.

Menurut Sandiaga, hal tersebut bisa dicapai lantaran pihaknya menekankan kunci kolaborasi dengan berbagai pihak, mulai dari industri hingga media.

"Nah, ini berkat kolaborasi yang kami lakukan dengan industri, akademisi, juga komunitas dan media. Jadi, harapannya ke depan kami akan tingkatkan langkah-langkah kolaborasi," imbuhnya.