Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN Dibuka Besok, Tersedia 1.830 Posisi
Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN, Alexandra Askandar. (Foto: Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024 akan dibuka besok, Sabtu, 23 Maret.

Pada RBB tahun ini, 1.830 posisi tersedia dari 688 jenis pekerjaan yang dibuka oleh 110 BUMN.

Hal ini disampaikan Ketua Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN, Alexandra Askandar di Media Center Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat, 22 Maret.

“Pada Rekrutmen Bersama tahun 2024 ini, jumlah BUMN yang turut berpartisipasi ada lebih dari 100 BUMN dengan menyediakan lapangan kerja sebanyak 688 lowongan dan 1.830 posisi,” katanya.

Alexandra bilang bagi masyarakat yang tertarik untuk ikut dalam RBB tahun ini, bisa mendaftar dengan mengakses situs https://rekrutmenbersama.fhcibumn.id/.

Lebih lanjut, Alexandra bilang akan ada beberapa tahapan seleksi seperti tes kemampuan dasar, tes akhlak, tes bahasa Inggris, dan tes kemampuan bidang di masing-masing BUMN.

Selain itu, sambung Alexandra bilang mulai tahun ini akan ada tambahan dua jenis tes yakni tes wawasan kebangsaan dan tes learning agility.

“InsyaAllah hal ini dapat terlaksana dengan lancar. Diharapkan nanti pengumuman akhir dilaksanakan di Juli 2024,” jelanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal FHCI BUMN, Dharma Syahputra mengatakan pendaftaran dibuka selama 10 hari, dan akan ditutup pada 1 April 2024 mendatang.

“Enggak usah buru-buru di awal, semua ingin hari Sabtu pagi, subuh bangun sahur terus langsung daftar, gak perlu, masih ada 10 hari. Dan pilihan BUMN dan vacancy-nya cukup luas, jadi enggak perlu buru-buru,” ujar Dharma.

Dharma juga bilang di RBB tahun ini syarat batas usia telah diperluas.

Untuk lulusan SMA, batas usianya 25 tahun, lulusan Diploma 27 tahun, lulusan Sarjana 30 tahun, dan Magister 35 tahun.

“Jadi berarti delapan tahun setelah lulus SMA masih boleh daftar. Jadi mudah-mudahan ini yang disebut memberi kesempatan kepada teman-teman lebih baik,” tutur Dharma.

Terkait