Bagikan:

JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan hasil pemilihan umum (pemilu) 2024.

Anggota holding Danareksa, PT Kliring Berjangka Indonesia (PT KBI) menilai hal ini akan memberikan kepastian pada bisnis komoditas berjangka.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Adiyasa Suhadibroto mengatakan, bahwa dengan adanya keputusan KPU ini, maka ada kepastian pemerintahan selanjutnya.

Dengan begitu, sambung Adiyasa, perusahaan bisa fokus melanjutkan pekerjaan sebagai sebagai lembaga kliring dan penyelesaian transaksi.

“Dampaknya positif, kenapa? Karena kita sudah jelas, sudah ada keputusan KPU jadi kita bisa lebih fokus kepada fungsi kita sebagai lembaga kliring dan penyelesaian transaksi. Harap semua orang positif, karena kita sudah bisa kembali bekerja,” katanya dalam media gathering di Jakarta, Kamis, 21 Maret.

Sementara itu, Direktur Utama PT KBI, Budi Susanto mengatakan di tahun 2024 ini, salah satu inisiasi bisnis baru yang akan dilakukan yaitu uji coba di Pasar Lelang Komoditas untuk komoditas teh yang ditargetkan pada semester I-2024.

Di tahun yang sama juga, sambung Budi berbagai inovasi bisnis baru juga tengah dalam persiapan, seperti pengembangan produk PAL dan Multilateral bersama BBJ.

Budi juga bilang pihaknya akan mendorong peningkatan kinerja anak perusahaan PT Kliring Perdagangan Berjangka Indonesia (PT KPBI) sebagai mitra strategis dalam ekosistem CENTRISE (Centre of Commodity Service) yang memberikan layanan dengan skema penjaminan Sistem Resi Gudang (SRG) dan Non-Resi Gudang (NRG), Collateral Manager dan Solution Provider untuk komoditas.

“Sejalan dengan pergerakan ekonomi yang lebih baik seta berjalannya berbagai inisiasi bisnis yang ada, kami optimistis tahun 2024 kinerja PT KBI akan terus meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” kata Budi.

Sekadar informasi, PT Kliring Berjangka Indonesia (PT KBI) merupakan anggota Holding BUMN Danareksa yang bergerak di bidang usaha Kliring Penjaminan dan Penyelesaian Transaksi Perdagangan Berjangka Komoditi, sekaligus sebagai Pusat Registrasi Sistem Resi Gudang, Penjaminan dan Penyelesaian Transaksi Pasar Lelang Komoditi.

Empat layanan yang diberikan ole PT KBI adalah Sistem Kliring Derivatif (SKD) yang berfungsi mendukung Perdagangan Berjangka Komoditi, Sistem Informasi Transaksi Nasabah (SITNa) untuk memberikan informasi bagi nasabah mengenai transaksi berjangka, IS-Ware Next Gen yang berfungsi dalam mendukung Sistem Resi Gudang, dan Tin Market untuk meningkatkan layanan transaksi timah murni batangan.