Bagikan:

YOGYAKARTA - Sebelum jauh-jauh kita mengetahui terkait tips memilih produk fintech, alangkah baiknya kita mengenal fintech terlebih dahulu.

Pasalnya, sering kali kebanyakan orang terkendala masalah modal usaha ketika hendak memulai sebuah usaha. Pada ahirnya, akibat kekurangan modal usaha membuat kebanyakan orang menunda untuk merealisasikan ide bisnis mereka tersebut.

Padahal, sebenarnya kalian selaku pelaku usaha bisa loh mendapatkan usaha dari perusahaan finansial technology (fintech). Lantas, seperti apa sih tips memilih produk fintech yang baik?

Tips Memilih Produk Fintech

1. Pilih yang Telah Tersertifikasi ISO 27001

Pelaksanaan ISO 27001 di Indonesia telah dilakukan oleh perbankan serta saat ini mulai pula diberlakukan buat fintech, terlebih perusahaan keuangan pinjaman. Sertifikasi ISO 27001 ialah standar yang telah diterapkan Kementerian Komunikasi Informasi.

2. Pastikan Fintech Sudah Terdaftar dan Diawasi OJK

OJK memiliki kedudukan buat mengawasi, mengendalikan perusahaan teknologi keuangan dan proteksi nasabah di dalam gunakan layanan fintech. Contohnya saja dalam hal terbitkan ketentuan buat seluruh perusahaan teknologi keuangan beroperasi di Indonesia untuk memenuhi seluruh ketentuan yang sudah ditetapkan oleh OJK. Sebaliknya, perusahaan teknologi keuangan yang tidak mendaftar di OJK masuk ke dalam jenis perusahaan teknologi keuangan yang illegal dan memiliki potensi buat rugikan masyarakat.

Jadi buat fintech pinjaman online yang sudah terdaftar secara resmi di OJK, maka perusahaan perusahaan teknologi keuangan aman buat masyarakat pilih.

3. Kenali Sistem Pendanaan dari Fintech dan Keuntungannya

Pendanaan melalui fintech bisa jadi salah satu opsi ataupun alternatif investasi yang menguntungkan kalian bandingkan dengan menabung. Tidak hanya gampang buat dilakukan, ada imbal hasil yang menarik bisa untuk didapatkan saat jadi pemberi pinjaman ataupun lender.

Oleh sebab itu, saat sebelum kalian jalani investasi, pastikan bila kalian mengerti mengenai produk pendanaan, cara, ketentuan, keuntungan, dan resikonya.

Manfaat Fintech

Tingkatkan Perkembangan Usaha ataupun Bisnis Start Up

Kemunculan fintech ini jadi kesempatan usaha baru buat para startup. Banyak yang berlomba buat memberikan layanan yang terbaik dan kembangkan produk finansial yang kalian miliki. Tidak jarang kalian temui saat ini, banyak aplikasi buat kelola keuangan dengan lebih gampang.

Lebih Terjamin Daripada Simpan Uang di Dompet

Buat kalian yang kerap lupa meletakkan dompet di mana, ataupun kalian yang kerap merasa kehabisan uang, fintech bisa jadi solusi bagus. Dengan terdapatnya sistem digital payment, kalian tidak perlu buat pegang uang dengan jumlah besar, kalian bisa simpan uang tersebut dengan lebih aman. Ini juga jadi cara fleksibel, sebab kalian tidak perlu buat sering-sering berangkat ke ATM buat lakukan pembayaran apapun.

Mempermudah dalam Melakukan Transaksi Finansial

Tidak bisa kita pungkiri, bila kedatangan dari fintech mempermudah di dalam bertransaksi. Kalian jadi lebih gampang di dalam lakukan transfer serta investasi, apalagi kalian dapat lakukan pinjaman cuma dengan melalui ponsel pintar. Coba saja sewaktu belum terdapat perusahaan teknologi keuangan, kalian wajib berangkat ke tempat yang sediakan layanan itu dengan membawa bermacam berkas persyaratan. Dengan terdapatnya perusahaan teknologi keuangan, kalian tinggal install aplikasi saja maupun kunjungi situs, kalian telah bisa daftar pinjaman online dengan lebih cepat dan tidak perlu buat antri.

Nyatanya, di balik seluruh kemudahaan layanan yang perusahaan teknologi keuangan tawarkan, selaku masyarakat yang telah melek dengan keuangan, kalian senantiasa wajib berjaga-jaga serta waspada pada jebakan ataupun penipuan fintech ilegal ataupun abal-abal yang kerap sekali merugikan. Jadi, waspadalah!

Selain itu bagi umat muslim yang tak suka riba, kalian juga disarankan untuk membaca: “Tips Memilih Produk Investasi Syariah” supaya uang kalian bisa aman dan halal.

Jadi setelah mengetahui tips memilih produk fintech, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!