Bos PTBA Bocorkan Pengganti Air Product di Proyek DME: Paling Serius dari China
Konferensi Pers kinerja Keuangan PT Bukit Asam Tbk (PTBA) (Foto: Maria Trisnawati/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) memberikan bocoran perusahaan asal China yang berminat menggantikan perusahaan asal Amerika Serikat (AS), Air Product untuk menggarap proyek gasifikasi batu bara menjadi dimetil eter (DME).

Direktur Utama PTBA Arsal Ismail mengatakan banyak perusahaan asal China yang menyatakan minatnya bergabung dalam proyek ini. Perusahaan yang menyampaikan minatnya tersebut merupakan perusahaan yang sebelumnya telah menggarap proyek gasifikasi batu bara menjadi DME.

"Dari beberapa itu yang paling serius sekarang ini dengan kami namanya East China Engineering Science and Technology (ECE)," ujar Arsal dalam Konferensi Pers paparan kinerja tahun 2023 di Jakarta, Jumat 8 Maret.

"Itu yang sekarang ini paling serius yang kami jajaki untuk yang masalah DME, disamping kami akan berbicara mengenai keekonomiannya," sambung dia.

Sementara Direktur Pengembangan Usaha PTBA, Rafli Yandra menegaskan pihaknya masih akan terus melakukan kajian lain dengan beberapa investor.

"PTBA sendiri masih melakukan kajian lain dengan beberapa teknologi maupun investor baik dari China maupun negara lain," pungkas dia.