Inabuyer Expo 2024 Siap Digelar 15-17 Mei, Potensi Kerja Sama Ditargetkan Tembus Rp2 Triliun
Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Hanung Harimba Rachman. (Theresia Agatha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Kegiatan Inabuyer B2B2G Expo 2024 akan kembali digelar pada 15-17 Mei mendatang. Ini merupakan gelaran Inabuyer kedua setelah sebelumnya sukses diselenggarakan pada 5-7 Juli 2023 lalu.

Deputi Bidang Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) Hanung Harimba Rachman menargetkan adanya potensi kerja sama yang melibatkan pelaku koperasi dan UMKM (KUMKM) hingga mencapai Rp2 triliun.

"Ya (target Rp2 triliun), kalau bisa lebih gede," ujar Hanung kepada wartawan di kantor Kemenkop UKM, Jakarta, Selasa, 5 Maret.

Hanung berharap, kegiatan tersebut dapat memberikan kesempatan bagi para UMKM untuk bertemu buyer, mendapatkan order serta memasarkan produk-produk mereka dan menjalin kerja sama yang berkelanjutan.

"Ini adalah langkah konkret dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan UMKM di Indonesia.

Pada kesempatan sama, Direktur Pengembangan Strategi dan Kebijakan Pengadaan Umum Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Emin Adhy Muhaemin mengatakan, partisipasi LKPP dalam kegiatan tersebut mencerminkan komitmennya untuk mendukung penggunaan produk dalam negeri dan meningkatkan efisiensi dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah.

"Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat menciptakan sinergi yang lebih baik antara sektor publik dan swasta dalam mendukung ekonomi Indonesia," ucapnya.

Sementara itu, Ketum Umum Himpunan Peritel dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah menyebut, pihaknya ingin mengajak para supplier dan produsen untuk menaruh sampel produknya dengan berpartisipasi dalam acara Inabuyer.

"Kami juga berharap Inabuyer bisa menjadi pendorong gerakan 'Beli Buatan Indonesia', membuka peluang joint venture hingga ekspor bagi produk lokal," ungkapnya.

Adapun kegiatan tersebut bakal melibatkan lebih dari 200 eksibitor dari berbagai sektor. Termasuk, pemerintah pusat dan daerah, BUMN, BUMD, swasta, asosiasi UMKM serta ekosistem penduduk lainnya.

Inabuyer B2B2G Expo 2024 juga memiliki berbagai kegiatan pendukung, seperti business matching, showcase produk unggulan koperasi dan merek lokal, diskusi panel, talkshow/workshop dan live commerce.

Hal ini bertujuan untuk memberikan platform yang komprehensif bagi pelaku bisnis dalam meningkatkan penjualan, menjalin kemitraan dan memperluas jaringan.

Dengan dukungan dari berbagai asosiasi, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi landasan bagi pergerakan lebih besar dalam mendukung penggunaan produk dalam negeri, memperkuat Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) serta meningkatkan partisipasi dalam kampanye Peningkatan Penggunaan Produksi Dalam Negeri (P3DN).