RI Punya Potensi Pembangkit Listrik Tenaga Angin hingga 2 GW
Energi Angin (Foto: dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan Indonesia memiliki potensi jumbo dari Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB).

Plt DIrektur Jenderal ENergi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi, Jisman P. Hutajulu mengungkapkan, potensi ini terletak di wilayah utara Pulau Jawa.

"Ada penemuan di sebelah utara (Pulau Jawa) dengan ketinggian 140 meter, bahwa potensi angin di Pulau Jawa sangat besar," ujar Jisman dalam Sosialisasi Permen ESDM 2/2024, Selasa 5 Maret.

Selain Pulau Jawa, potensi angin juga ditemukan di wilayah selatan Pulau Sulawesi. Dengan adanya dua wilayah ini, kata dia potensi PLTB RI diperkirakan sebesar 2 giggawatt (GW).

"Jadi pemerintah harus melihat bagaimana ini dan ini saya kira keandalan sistem akan diutamakan. Kami sudah minta atas perintah Pak Menteri (Arifin Tasrif) agar meningkatkan fleksibilitas dari subsistem dan sistem PLN baik dengan menggunakan smart grid atau membangun pembangkit yang sifatnya fastest form," kata dia.

Jisman juga memastikan pihaknya akan mempercepat realisasi PLTB dengan memasukkan potensi PLTB ke dalam rencana usaha penyediaan tenaga listrik (RUPTL) terbaru.

Jisman juga tidak menampik kemungkinan pemerintah akan menggandeng pihak swasta dalam pengembangan PLTB

"Ya nanti kita lihat ya. Kan ujung-ujungnya nanti dilelangkan," pungkas Jisman.