Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pemasangan bilah-bilah burung garuda pada Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN) bakal rampung akhir Maret 2024.

Apabila telah terpasang seluruhnya, modul bilah tersebut akan membentuk sayap burung garuda dan facade gedung Kantor Presiden yang didesain oleh seniman Nyoman Nuarta.

Adapun jumlah modul bilah burung garuda sebanyak 465 modul, dengan setiap modul ada 10 bilah garuda. Dengan demikian, totalnya ada 4.650 bilah garuda yang akan dipasang di Kantor Presiden.

"Saat ini, sudah terpasang 1.282 bilah dari total 4.650. Jadi, kira-kira sepertinya dan kami harapkan nanti untuk sayap burung garuda tersebut bisa selesai di akhir Maret ini," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti saat mendampingi rombongan Presiden Joko Widodo meninjau Kantor Presiden di IKN, seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat, 1 Maret.

Secara keseluruhan, progres pembangunan gedung Kantor Presiden di IKN telah mencapai 74 persen hingga saat ini.

Diana menargetkan, pembangunan Kantor Presiden tersebut bakal rampung pada Juni mendatang. Mengingat, adanya rencana Upacara 17 Agustus 2024 di IKN. "Mudah-mudahan nanti di Juni kita bisa fungsikan untuk untuk upacara," imbuhnya.

Sekadar informasi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melanjutkan peninjauan IKN di hari keduanya usai meresmikan peletakan batu pertama atau groundbreaking sejumlah sektor perbankan pada Kamis, 29 Februari.

Dia turut didampingi oleh sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju, seperti Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kepala OIKN Bambang Susantono serta lainnya.