Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pemasangan bilah terakhir garuda Kantor Presiden di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

"Alhamdulillah, malam ini kami akan melakukan, melihat pelaksanaan pemasangan bilah ke 4.650 yang menandai selesainya pembangunan garuda kami ini," ujar Menteri PUPR sekaligus Plt Kepala Otorita IKN (OIKN) Basuki Hadimuljono dalam unggahan video di akun Instagram resmi @kemenpupr, dikutip Senin, 22 Juli.

Pemasangan bilah terakhir dan tertinggi (topping off) di Sayap Barat Selubung Garuda telah dituntaskan dengan pemasangan bilah ke 4.650.

Pemasangan turut disaksikan oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (sekaligus Plt Kepala OIKN) dan Nyoman Nuarta, perupa yang merancang dan membuat bilah-bilah tembaga pembentuk Sayap Garuda.

Hal ini juga merupakan bagian dari penyelesaian akhir gedung Kantor Presiden di Kawasan Inti Pusat Pemerintah (KIPP) IKN.

Sebelumnya, pemasangan bilah perdana dilakukan oleh Presiden Joko Widodo pada 17 September 2023.

Sekadar informasi, Kementerian PUPR melalui Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN menyebut, pemasangan bilah-bilah burung garuda pada Kantor Presiden di IKN sudah hampir rampung. Menurut dia, pemasangan untuk bagian kepala burung merupakan yang paling sulit.

"Kemarin yang sayap garuda (pemasangan) paling susah di kepalanya, itu sudah selesai 3-4 hari yang lalu. Sekarang tinggal menyelesaikan sayap di ujungnya, yang kiri dan kanan," ucap Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Sumadilaga saat ditemui di kantornya, Jumat, 5 Juli.

"Itu mudah-mudahan bisa selesai minggu depan," tambahnya.

Menurut Danis, salah satu kendala yang dihadapi untuk penyelesaian pemasangan bilah-bilah garuda tersebut adalah masalah hujan.

"Masalahnya ini hujan saja. Kan, itu di ketinggian, ada (potensi) petir. Jadi, mudah-mudahan bisa selesai minggu depan. Ini tergantung cuaca," tuturnya.

Adapun jumlah modul bilah burung garuda sebanyak 465 modul, dengan setiap modul ada 10 bilah garuda. Dengan demikian, totalnya ada 4.650 bilah garuda yang akan dipasang di Kantor Presiden.