6 Strategi Bisnis MUA untuk Pemula, Efektif Tarik Minat Pelanggan
Ilustrasi make-up artist (Foto: Pixabay/BabyMin)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jasa make-up artist (MUA) merupakan salah satu bisnis yang menguntungkan. Kendati demikian, bisnis ini tidak mudah dijalankan. Selain memerlukan modal besar, Anda juga perlu menyiapkan waktu, skill hingga tenaga yang all out. Mau tau bagaimana strategi bisnis MUA yang sukses? Yuk, simak informasi selengkapnya berikut ini.

Strategi Bisnis MUA

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin, 26 Februari 2024, berikut ini adalah strategi menjalakankan bisnis di bidang make-up artist yang perlu Anda cermati.

1. Ikuti pelatihan dan sertifikasi make-up artist

Bila Anda ingin membuka jasa MUA, hal pertama yang harus dilakukan adalah megikuti pelatihan make-up artist profesional. Langkah ini sangat penting agar Anda memiliki skill make-up yang memadai.

Pastikan Anda mengikuti pelatihan tata rias profesional. Bila perlu, miliki sertifikat resmi dari lembaga pelatihan yang terpecaya. Sertifikat tersebut dapat menjadi nilai lebih dari jasa yang Anda tawarkan ketimbang yang ditawarkan oleh kompetitor.

2. Investasi pada peralatan make-up

Strategi bisnis MUA yang kedua adalah menginvestasikan modal untuk membeli peralatan dan produk make-up yang berkualitas.

Kualitas alat dan produk yang bagus dapat meningkatkan hasil mak-up. Tak hanya itu, alat-alat make-up yang berkualitas juga lebih awet, sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran.  

3. Promosikan bisnis make-up ke orang terdekat

Bisnis yang baru dirintis perlu dipromosikan agar dikenal banyak orang. Terkait hal ini, Anda bisa mempromosikan bisnis pada orang-orang terdekat, seperti keluarga, sahabat, tetangga dekat rumah dan lain sebagainya.

Pada tahap awal, berikan juga potongan harga pada orang-orang yang menggunakan jasa Anda. Selain itu, minta testimoni dari pelanggan untuk membangun kredibilitas.

4. Tetap up-to-date dengan tren terbaru

Dalam bisnis MUA, penting untuk selalu mengikut tren make-up terbaru. Ini berarti Anda harus secara teratur memeriksa produk baru, menonton tutorial make-up secara online, dan menghadiri acara-acara industri.

Dengan tetap up-to-date, Anda bisa menawarkan layanan terbaru dan terhebat kepada klien Anda.

5. Manfaatkan media sosial untuk meningkatkan portofolio hasil make-up

Strategi bisnis MUA yang berikutnya adalah memanfaatkan media sosial seperti TikTok dan Instagram untuk meningkatkan portofolio hasil make-up.

Misalnya, Anda bisa mengunggah video atau foto hasil make-up yang sudah Anda kerjakan. Atau bisa juga dengan mengikuti tren make-up terbaru yang sedang booming saat ini.

Dengan mengunggah konten di media sosial, hasil make-up Anda bisa dilihat oleh banyak orag dan berbagai kalangan, khususnya audiens tertarget.

Dengan demikian, calon pelanggan yang tertarik bisa langsung menghubungi Anda lebih cepat. Selain itu, memperbanyak portofolio hasil make-up juga dapat membantu Anda untuk mengasah kemampuan atau skill.

6. Sediakan banyak layanan

Pegiat bisnis MUA kerap mengkhususkan diri dalam satu bidang atau lainnya, seperti pernikahan, efek khusus, atau penampilan rias sehari-hari.

Agar terlihat beda, Anda dapat menawarkan berbagai layanan untuk menarik audiens yang lebih luas.

Beberapa layanan yang bisa ditawarkan bisnis MUA, antara lain:

  • Tata rias pernikahan
  • Riasan efek khusus
  • Penataan rambut
  • Riasan airbrush
  • Tata rias editorial
  • Penataan busana
  • Tata rias untuk film dan televisi, dan lain sebagainya.

Demikian informasi tentang strategi bisnis MUA. Dapatkan update berita pilihan lainnya hanya di VOI.ID.