Airlangga Ungkap Anggaran Makan Siang Gratis Tanpa Susu Dipatok Rp15.000 per Anak
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (foto: antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan anggaran program unggulan makan siang gratis yang akan diusung oleh calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebesar Rp15.000 per anak. Namun anggaran tersebut hanya khusus untuk makan siang diluar pemberian susu.

“(Anggaran makan siang gratis) Rp15.000, dan ini diluar susu,” tutur Airlangga kepada awak media saat ditemui di kantornya, Senin 26 Februari. 

Airlangga menyampaikan untuk menu makan siang gratis sebesar Rp15.000 per anak akan disesuaikan dengan kebijakan daerah masing-masing. Namun yang jelas anggaran tersebut akan merata diseluruh Indonesia.

“Menunya nanti dilepaskan ke daerah masing-masing, kita tidak menyeragamkan. Merata diseluruh Indonesia Rp15.000,” tuturnya.

Sebelumnya, Airlangga menyampaikan program makan siang gratis akan masuk dalam pembahasan Kebijakan Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF) 2025.

“Masuk (program makan siang gratis dalam APBN 2025),” jawab Airlangga ketika ditanya wartawan di kantor Kemenko Perekonomian, Jumat, 23 Februari 2024.

Sebagai informasi, dalam dokumen Visi, Misi, dan Program milik pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka salah satunya adalah Makan siang gratis yang menjadi program paling pertama yang akan dieksekusi oleh Prabowo setelah resmi dilantik sebagai Presiden RI. Prabowo-Gibran akan memberi makan siang dan susu gratis di sekolah dan pesantren, serta bantuan gizi untuk anak balita dan ibu hamil.

Adapun program ini akan berlangsung secara bertahap dengan menargetkan lebih dari 80 juta penerima manfaat dengan cakupan 100 persen pada 2029 dan diperkirakan membutuhkan anggaran mencapai Rp400 triliun.

Namun, Airlangga tidak menyebutkan berapa besaran anggaran yang akan tercantum dalam APBN 2025. Selain itu, Ia menegaskan, KEM-PPKF 2025 sendiri akan dibahas pada Senin, 26 Februari 2024, dalam rapat Sidang Kabinet Presiden Joko Widodo.

"PPKF sedang dibahas, nanti Senin akan ada sidang kabinet. Jadi tunggu saja Senin," ujar Airlangga.

Adapun, Airlangga dalam unggahan Instagram pribadinya, bahwa telah membahas persiapan APBN 2025 bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati pada Rabu, 21 Februari 2024.

Selain membahas mengenai Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM-PPKF), Airlangga dan Sri Mulyani juga membahas kondisi perekonomian global dan nasional terkini.

Untuk diketahui, pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat ini unggul dalam hasil hitung cepat atau quick count. Misalnya saja hasil cepat Litbang Kompas yang telah mencapai 100 persen, pasangan ini memperoleh suara sebesar 58,47 persen.