Bagikan:

JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) melaporkan, bahwa progres pembangunan IKN Batch 1 secara keseluruhan telah mencapai 71,46 persen hingga saat ini.

Adapun Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berencana melakukan upacara di IKN pada Agustus 2024 mendatang.

"Kemajuan pembangunan IKN Batch 1 secara keseluruhan mencapai 71,47 persen," ujar Kepala Otorita IKN Bambang Susantono dalam konferensi pers di kantor Kominfo, Jakarta, Selasa, 30 Januari.

Bambang mengatakan, pembangunan Batch 1 merupakan kontrak-kontrak yang sudah mulai dikerjakan sebelum badan OIKN dibentuk.

"(Pembangunan) batch 1 itu adalah kontrak-kontrak yang memang sudah dimulai dari sebelum kami beroperasi di 2023," katanya.

Dia menilai, untuk pembangunan istana presiden dan lapangan upacara sendiri kini terus berproses dan terus menunjukkan peningkatan signifikan. Saat ini, progres pembangunan istana presiden dan lapangan upacara sendiri telah mencapai 54,07 persen.

"Kami lihat misalnya untuk istana presiden, ini kalau mau seeing is believing datang ke sana lihat. Kalau enggak, di YouTube sudah banyak sekarang," ucap Bambang.

Lalu, progres pembangunan sumbu kebangsaan fase 1 sendiri kini telah mencapai 96,41 persen. Sedangkan proyek Bendungan Sepaku Semoi sendiri sudah selesai 100 persen.

"Jadi, kalau yang bendungan ini sudah 100 persen, bahkan pada waktu groundbreaking lalu itu sudah hampir mendekati titik yang mana ketinggian itu ideal. Ini penting buat kami semua karena ini akan menjadi sumber salah satu air minum ke depannya yang bisa diminum," imbuhnya.