5 Tips Memilih KOL untuk Promosi Bisnis, Efektif Tingkatkan <i>Brand Awareness</i>
tips memilih KOL untuk promosi bisnis (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Key opinion leader (KOL) menjadi salah satu instrumen penting dalam marketing atau pemasaran bisnis. Kolaborasi dengan KOL terbukti efektif meningkatkan brand awareness dan membuat target market tertarik dengan brand atau produk tertentu. Bagi pemilik bisnis penting untuk tahu tips memilih KOL untuk promosi bisnis. 

KOL merupakan istilah bagi orang-orang yang ahli di bidang tertentu atau mempunyai pengaruh kuat pada pengikutnya. Banyak orang menganggap KOL sama dengan influencer, padahal keduanya berbeda. Yang dimaksud KOL bukan hanya memiliki pengikut banyak, namun orang dengan keahlian atau kompeten pada suatu niche atau bidang tertentu.

Saat ini semakin banyak brand atau bisnis yang menerapkan strategi KOL. Kerjasama dengan KOL dapat meningkatkan promosi produk hingga akhirnya meningkatkan peluang penjualan. Lantas bagaimana tips memilih KOL untuk promosi bisnis yang efektif?

Tips Memilih KOL untuk Promosi Bisnis

Strategi KOL marketing sangat penting dijalankan oleh pemilik bisnis di era sekarang. Kehadiran para KOL dengan influence tinggi dapat mempengaruhi para pengikut di media sosial, salah satunya dalam pemakaian atau penggunaan produk. 

Saat ini semakin banyak brand atau bisnis yang mengajak kerjasama KOL untuk membantu mempromosikan produknya melalui media sosial. Ada banyak keuntungan bagi bisnis yang menggunakan KOL, yakni mulai dari mendorong brand awareness, memperluas jangkauan bisnis, hingga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap suatu produk.

Bagi Anda yang ingin menerapkan strategi marketing ini, berikut ini beberapa tips memilih KOL untuk promosi bisnis:

Memilih KOL Sesuai Tujuan dan Value Brand

Saat mencari KOL untuk kerjasama, pertama Anda harus memilih KOL yang sesuai dengan tujuan atau value brand. Ada banyak sekali KOL yang bisa Anda temukan dengan berbagai macam kategori niche atau bidang yang berbeda. 

Pastikan Anda memilih KOL yang sesuai dengan visi-misi brand Anda, sehingga value brand bisa terkomunikasikan dengan baik. Anda perlu melihat konten-konten yang dibuat oleh KOL apakah selaras dengan tujuan brand Anda. Amati jenis konten yang mereka upload dan apa yang mereka sampaikan dalam kontennya. 

Anda juga perlu melihat demografi dari konten yang dihasilkan KOL. Apakah sudah sesuai dengan demografi yang ditargetkan bisnis tersebut. Meski niche atau bidang yang dikuasai sudah selaras dengan produk Anda, namun pastikan juga demografi audiens sesuai dengan ruang lingkup bisnis Anda.

Mempertimbangkan Target Market Bisnis

Tips selanjutnya yang perlu Anda lakukan saat menentukan KOL adalah mempertimbangkan target market dari bisnis Anda. Perlu mengamati dan mempelajari seperti apa target market yang menjadi sasaran KOL tersebut. Pastikan followers mereka termasuk dalam kategori sasaran bisnis Anda, baik itu dari segi usia, gender, lokasi, hingga hobi atau minat. 

Dengan mempertimbangkan target market, Anda akan lebih mudah dalam menentukan KOL dengan kriteria paling sesuai dengan brand atau produk Anda. Ketika KOL memiliki pengikut atau followers yang selaras dengan target market Anda maka strategi pemasaran bisa memberikan hasil yang maksimal. 

Melihat Jumlah Followers

Jumlah followers atau pengikut KOL juga menjadi hal penting lainnya yang perlu Anda pertimbangkan. Berapa banyaknya jumlah followers akan berpengaruh pada pemasaran brand atau produk Anda. 

Semakin banyak followers dari KOL maka dapat meningkatkan brand awareness semakin baik. Itulah mengapa umumnya KOL dengan jumlah pengikut lebih banyak menawarkan jasa marketing dengan harga lebih tinggi. Namun jangan hanya terbuai dengan jumlah followers banyak, tapi pastikan juga pengikutnya bukan fake followers. 

Riset Impresi yang Dihasilkan

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan saat mencari KOL adalah riset impresi yang dihasilkan. Anda perlu mengamati dan menganalisis tingkat impresi yang dihasilkan dari konten-kontennya, mulai dari jumlah like, comment, save, hingga share. Tak sebatas itu saja, perhatikan juga sentimen dari respon followersnya apakah bernada positif atau negatif.  

Riset impresi ini sangat penting karena tingkat impresi akan mempengaruhi ketercapaian brand awareness. Semakin banyak respon positif yang didapatkan oleh KOL maka akan berdampak baik pada promosi brand atau produk Anda. Engagement rate komunikasi antara KOL dengan followers juga mempengaruhi citra brand Anda ke publik. 

Pilih KOL Sesuai Budget

Tips lainnya yang perlu Anda terapkan dalam KOL marketing adalah memilih KOL yang sesuai dengan budget. Ketika bisnis Anda sudah memutuskan akan berkolaborasi dengan KOL maka pastikan juga untuk menyiapkan jumlah dana yang dikeluarkan. Sebab setiap KOL mematok harga yang berbeda-beda, tergantung dari jumlah followers, impresi, dan lainnya. 

Apabila budget yang disediakan tidak terlalu banyak, maka Anda bisa memilih KOL kategori kecil terlebih dahulu. Lantaran Anda tidak bisa mengutamakan kualitas dari KOL, maka Anda bisa mendahulukan aspek kuantitas. Anda bisa kerjasama dengan KOL dengan jumlah followers belum banyak. Namun pastikan niche dan target marketnya sesuai dengan brand Anda.

Demikianlah beberapa tips memilih KOL untuk promosi bisnis agar lebih efektif. Strategi KOL marketing yang baik bukan ditentukan dari banyaknya jumlah followers saja, namun KOL yang dipilih juga harus tepat dengan value brand dan target marketnya. Baca juga apa itu influencer marketing

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan kabar terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.