Bagikan:

YOGYAKARTA - Pemasaran influencer sekarang menjadi bentuk utama pemasaran online. Itu telah menjadi kata kunci untuk sementara waktu sekarang, dan media arus utama secara teratur merujuknya. Namun, masih ada orang yang tidak begitu mengerti apa itu influencer marketing. Memang, beberapa orang pertama kali menemukan frasa tersebut dan langsung berpikir, "apa itu influencer marketing?"

Influencer Marketing adalah gabungan dari alat pemasaran lama dan baru. Dibutuhkan ide dukungan selebriti dan menempatkannya ke dalam kampanye pemasaran berbasis konten modern. Pembeda utama dalam hal pemasaran influencer adalah bahwa hasil kampanye adalah kolaborasi antara merek dan influencer.

Tetapi pemasaran influencer tidak hanya melibatkan selebritas. Sebaliknya, itu berputar di sekitar influencer, banyak dari mereka tidak akan pernah menganggap diri mereka terkenal dalam pengaturan offline.

Menurut beberapa sumber, Apa itu Influencer, kami mendefinisikan influencer sebagai seseorang yang memiliki:

  • kekuatan untuk mempengaruhi keputusan pembelian orang lain karena otoritas, pengetahuan, posisi, atau hubungannya dengan audiensnya
  • pengikut di ceruk yang berbeda, dengan siapa dia secara aktif terlibat. Ukuran berikut ini tergantung pada ukuran topik nichenya.
  • Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan media tradisional adalah kegagalan melihat perbedaan antara selebriti dan influencer online.

Penting juga untuk disadari bahwa sebagian besar influencer secara sistematis telah membangun audiens yang antusias dan antusias. Bukan kebetulan bahwa orang-orang ini mengikuti influencer daripada merek. Penonton tidak terlalu peduli dengan merek Anda. Mereka hanya peduli dengan pendapat para influencer. Jangan mencoba memasukkan aturan dan praktik bisnis ke influencer Anda. Penonton adalah milik mereka, dan mereka bisa pergi begitu saja, membawa serta pengikut mereka.

Ilustrasi Influencer Marketing (Gambar -  tabitha turner - Unsplash)
Ilustrasi Influencer Marketing (Gambar - tabitha turner - Unsplash)

Apa Itu Influencer Marketing

Pada tingkat fundamental, pemasaran influencer adalah jenis pemasaran media sosial yang menggunakan dukungan dan penyebutan produk dari influencer–individu yang memiliki pengikut sosial yang berdedikasi dan dipandang sebagai ahli dalam ceruk pasar mereka. Pemasaran influencer berfungsi karena tingginya kepercayaan yang dibangun oleh influencer sosial dengan pengikut mereka, dan rekomendasi dari mereka berfungsi sebagai bentuk bukti sosial bagi pelanggan potensial merek Anda.

Keadaan lanskap pemasaran influencer saat ini

Menonjol di tahun 2014 di Instagram lebih mudah daripada hari ini. Jika Anda cukup beruntung untuk ditampilkan di halaman unggulan Instagram atau penampilan Anda cukup unik, maka peluang Anda untuk dipilih sebagai influencer tinggi. Setelah kemitraan merek yang cukup, beberapa telah mengubah pemasaran influencer media sosial menjadi karier penuh waktu.

Apa yang berhasil di Influencer Marketing

  • Pertimbangkan dengan hati-hati pendekatan Anda terhadap pemasaran influencer
  • Terorganisir, susun strategi, rencana, dan anggaran, luangkan waktu untuk penelitian
  • Tentukan pendekatan Anda untuk menemukan influencer – temukan mereka secara organik, berlangganan platform, atau bekerja melalui agensi
  • Bersabarlah dan jadilah manusia – orang berbicara dengan orang, bukan perusahaan yang berbicara dengan perusahaan

Kembangkan jadwal

  • Apakah influencer lebih memilih panggilan atau buletin bulanan/triwulanan/dua tahunan?
  • Integrasikan dengan jadwal PR Anda, jadwal rilis produk, dll.
  • Kirim email atas nama eksekutif kunci. Rencanakan jadwal perjalanan untuk para eksekutif dan atur pertemuan tatap muka

Apa yang tidak berhasil di Influencer Marketing

Generalisasi pendekatan Anda untuk menemukan dan memanfaatkan influencer yang berbeda. Satu ukuran tidak cocok untuk semua influencer: sesuaikan pendekatan Anda dengan influencer tertentu

Cukup melihat popularitas dari influencer tersebut. Pengaruh tidak hanya berarti popularitas. Ingat bahwa tujuan Anda adalah untuk mendapatkan tindakan tertentu dari pelanggan Anda. Jangan secara otomatis berasumsi bahwa orang dengan pengikut terbanyak adalah influencer dari suatu niche.

Jadi setelah mengetahui apa itu influencer marketing, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!