Bagikan:

JAKARTA - Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka menekankan bahwa bersama Prabowo Subianto akan melanjutkan program Hilirisasi. Kata dia, hilirisasi adalah kunci Indonesia bisa keluar dari middle income trap.

Hal ini disampaikan Gibran sebagai pernyataan penutupnya dalam debat keempat Pilpres 2024 yang berlangsung di JCC, Minggu, 21 Januari.

“Saya tidak akan pernah bosan-bosan membahas hilirisasi. Dengan hilirisasi, kita akan keluar dari middle income trap. Dengan hilirisasi, kita akan meningkatkan nilai tambah di dalam negeri. Dengan hilirisasi kita akan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya,” kata Gibran.

Namun, Gibran mengatakan, dalam pelaksanaannya harus juga dipikirkan aspek lingkungan, keberlanjutan, dan sosialnya.

“Dampak perubahan iklim semakin nyata, banjir, kekeringan, kenaikan air laut ini adalah ancaman nyata dan sudah di depan mata. Semua masalah ini adalah tantangan zaman now, membutuhkan solusi zaman now tantangannya adalah bagaimana kita mencari titik tengah, titik keseimbangan,” kata Gibran.

Gibran pun menekankan bahwa tanyangan ke depan adalah melanjutkan hilirisasi namun juga perlu menjaga lingkungan.

“Lanjutkan hilirisasi, tapi wajib menjaga lingkungan, tingkatkan produktivitas pertanian dan sektor maritim, tapi wajib menjaga keseimbangan alam,” ujarnya.

Gibran berharap gagasan yang disampaikan dalam debat malam ini memberikan gambaran tentang kemana arah bangsa ini akan mengarah. Dia juga mengatakan bahwa perlu solusi zaman now untuk menghadapi tanyangan saat ini.

“Sekali lagi, tantangan zaman now, membutuhkan solusi zaman now. Tentunya anak-anak zaman now perlu lebih banyak lagi dilibatkan,” kata Gibran.

Pada kesempatan ini, Gibran juga berterima kasih kepada dua rivalnya dalam debat malam ini yaitu Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

“Terima Kasih Pak Prabowo, sebagai salah satu senior dan teladan yang paling banyak melibatkan anak-anak zaman now, langkah awal menuju Indonesia Emas, datang ke TPS coblos nomor 2 Prabowo-Gibran,” ujarnya.