Menteri Basuki Targetkan IPA Sepaku Semoi di IKN Beroperasi Juni 2024
Pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sepaku Semoi di IKN. (Foto: Dok. Kementerian PUPR)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sepaku Semoi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis, 18 Januari.

Basuki menargetkan, IPA Sepaku Semoi bisa dioperasikan pada Juni 2024.

Dia berpesan, agar pekerjaan konstruksi dilaksanakan secara detail dan cepat dengan memperhatikan kualitas dan ketepatan desain.

"Jaringan IPA ini adalah sumber air minum utama bagi seluruh penduduk IKN nantinya. Jadi, konstruksinya harus dilakukan secara hati-hati, pengawasannya harus lebih intens," kata Basuki dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 19 Januari.

Pada tahap pertama sedang dibangun IPA berkapasitas 300 liter per detik yang diambil dari Intake Sungai Sepaku.

IPA tersebut juga dilengkapi pembangunan dua reservoir induk dengan kapasitas masing-masing 6.000 meter kubik dan bangunan pendukung.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, IPA tersebut akan dilengkapi jaringan perpipaan dengan panjang sekitar 20 kilometer (km) ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

Dia menambahkan, pembangunan IPA Sepaku Semoi tahap 1 sendiri dilaksanakan oleh PT Adhi Karya-PT Brantas Abipraya KSO selaku kontraktor pelaksana dan KSO PT Virama Karya-Areng MP-PT Waseco Tirta selaku konsultan manajemen konstruksi dengan biaya sebesar Rp328,18 miliar.

"Untuk progres pembangunannya hingga saat ini telah mencapai 28,8 persen, ditargetkan bisa mulai dioperasikan pada Juni 2024," imbuhnya.