Cara Membuat Penawaran Jasa, Pahami Pengertian, Fungsi, dan Contohnya
Ilustrasi bisnis (Freepik-gpointstudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Pelaku usaha bisnis sangat disarankan untuk tahu cara membuat penawaran jasa yakni dengan memahami pengertian hingga contohnya lebih dulu. Penawaran usaha berguna untuk menawarkan produk kepada pihak lain demi mendatangkan keuntungan.

Penawaran Jasa sendiri umumnya dibuat dalam bentuk surat dokumen dilengkapi dengan berbagai komponen pendukung agar pihak lain tidak meragukan kredibilitas.

Cara Membuat Penawaran Jasa

Pada dasarnya penawaran jasa adalah kegiatan menawarkan jasa yang dikemas secara menarik sekaligus jelas. Penawaran dilakukan untuk memberikan sebuah gambaran kepada calon investor atau klien agar mereka tahu aktivitas apa yang dilakukan oleh pihak yang mengajukan penawaran.

Dokumen penawaran jasa memiliki beberapa fungsi yakni sebagai berikut.

  • Mengenalkan dan memberi informasi tentang jasa yang diberikan kepada investor atau klien potensial
  • Media promosi bisnis
  • Menarik perhatian investor atau klien potensial agar mau menggunakan jasa pihak yang mengajukan penawaran

Cara membuat penawaran jasa dilakukan dalam bentuk dokumen dan komponen pendukung lain. Adapun cara pembuatannya adalah sebagai berikut.

  1. Informasikan Perusahaan Anda

Langkah pertama adalah menjelaskan dulu perusahaan Anda. Komponen ini harus ada di dalam surat penawaran. Berikan penjelasan secara singkat dan padat. Penyantuman website, media sosial, atau cara lain untuk terhubung dengan perusahaan Anda juga perlu dilakukan.

  1. Perhatikan Surat Penyusunan Surat Penawaran

Surat penyusunan penawaran jasa dibuat secara formal maupun semi-formal. Untuk surat formal Anda harus mencantumkan nomor surat, hal, lampiran, nama dan alamat tertuju, isi, dan nama pembuat.

Surat semi-formal juga tak berbeda jauh dengan format formal namun biasanya disusun dengan bentuk yang lebih menarik seperti memanfaatkan multimedia.

  1. Katakan Maksud Secara Jelas

Saat menyusun surat penawaran, Anda harus tujuan secara jelas dan padat. Hindari permainan kata-kata yang berpotensi membuat klien atau calon investor bingung. Gunakan bahasa Indonesia baku yang jelas.

  1. Lampirkan dokumen pendukung seperti nama dan harga jasa maupun produk, rekam jejak perusahaan, daftar layanan perusahaan, dan sebagainya.

Contoh Surat Penawaran Kerja

Agensi Gerha Digital

Spesialis Branding dan Digitalisasi Bisnis

Jl. Gunung Merapi, No. 13, Yogyakarta

Yogyakarta, 1 Januari 2024

Kepada Yth,

Bapak/ Ibu Pimpinan Perusahaan

Di Tempat

Bersama dengan ini perkenalkan kami PT. Agensi Gerha Digital, perusahaan yang melayani jasa branding dan digitalisasi bisnis. Kami membantu bisnis untuk lebih berkembang baik melalui digital marketing berbasis website maupun media sosial. Bersama surat ini kami ingin mengajukan penawaran branding perusahaan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin. Adapun penawaran kami adalah sebagai berikut:

Produk                                  :       Harga

Digital Marketing                    :      Rp10.000.000/bulan

Pembuatan Website                :       Rp3.000.000

Harga jasa dan layanan yang kami tawarkan bisa disesuaikan dengan permintaan. Untuk mengetahui informasi lebih lanjut, kunjungi website kami atau melalui nomor 89090983. Besar harapan kami untuk bisa bekerja sama dengan perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Atas perhatiannya  kami ucap terima kasih.

Hormat kami,

Agensi Gerha Digital

Siahaan Kurniawan

Business Development

Disarankan pula untuk mengetahui berbagai jenis surat yang berkaitan dengan bisnis seperti apa itu surat niaga, dan sebagainya.

Itulah informasi terkait cara membuat penawaran jasa. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.