KAI Pastikan Seluruh Penumpang KA Pandalungan Selamat dan Sedang Proses Evakuasi
PT KAI (Wilipedia)

Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyatakan, Kecelakaan Kereta Api (KA) Pandalungan yang terjadi pada Minggu 14 Januari 2024, pagi hari ini dipastikan tidak ada korban jiwa.

Diketahui, KA Pandalungan (KA 75A) rute Gambir - Surabaya - Jember di Stasiun Tanggulangin, Kab.Sidoarjo, pada Minggu 14 Januari 2024 keluar rel dan menyebabkan KA anjlok. Saat ini, proses evakuasi terhadap penumpang dan rangkaian KA tengah berlangsung.

“Kami sampaikan bahwa tidak ada korban jiwa atas kejadian ini, sebagai layanan lanjutan bagi para pelanggan, KAI melakukan skema operasional perjalanan KA dari lintas bangil memutar lewat malang dan kertosono " kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan resmi Minggu 14 Januari 2024.

Joni menambahkan KAI juga menyediakan bus dari stasiun Bangil dan stasiun sidoarjo untuk mengantar pelanggan menuju stasiun tujuan.

Adapun, dampak anjloknya Jalur KA di emplasemen Stasiun Tanggulangin untuk sementara waktu belum dapat dilalui oleh KA.

Selain itu, jalur KA yang terganggu sementara ini akibat kejadian tersebut adalah jalur dari Surabaya menuju Malang dan Jember.

Adapun KA-KA yang terganggu sementara ini akibat kejadian tersebut yaitu KA (75A) Pandalungan relasi Gambir - Surabaya – Jember dan KA (432) Commuter Line Penataran.

Saat ini KAI tengah melakukan upaya evakuasi pada Rangkaian kereta api tersebut dan normalisasi jalur.

"KAI menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya pelayanan dan perjalanan kereta api" tutup Joni.