Bagikan:

JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencari konsultan untuk penyusunan studi kelayakan proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya (KCJS). Nilai pengadaan yang ditawarkan sebesar Rp27,52 miliar.

Pencarian konsultan ini diumumkan langsung PT KCIC melalui situs resmi KCIC. Surat pengumuman tender ini ditandatangani oleh Manager Procurement Haryono Mintarto pada 3 Januari 2024.

“PT Kereta Cepat Indonesia China (PT KCIC) akan melaksanakan Tender Terbuka Jasa Konsultan Penyusunan Studi Kelayakan (Analisa Permintaan dan Kajian Awal Teknis dan Desain) Perpanjangan Trayek dan Layanan Kereta Cepat Jakarta Surabaya (KCJS),” bunyi pengumumam tender tersebut, dikutip Kamis, 11 Januari.

“Nilai pengadaan Rp27.526.720.725, tidak termasuk PPN. Jangka waktu pelaksanaan 7 bulan kalender,” tulis manajemen.

Dalam surat tersebut, dijelaskan ada lima persyaratan utama bagi para komsultan yang ingin mendaftar. Pertama, peserta merupakan perusahaan nasional yang berbadan hukum Perseroan Terbatas (PT).

Kedua, perusahaan asing yang bekerja sama dengan perusahaan nasional, dibuktikan dengan perjanjian kerja sama.

“Surat Pernyataan minat ditandatangani oleh Pimpinan Perusahaan sebagaimana disebut dalam Akta Notaris Pendirian Perusahaan, dan/atau Perwakilan yang mendapat Kuasa dari Pimpinan Perusahaan dengan dilampiri Surat Kuasa bermaterai Rp10.000,” tulis syarat ketiga.

Keempat, peserta yang telah mendaftar dan menerima dokumen, apabila tidak mengikuti rapat penjelasan. Jika tidak hadir, maka dianggap setuju/mengetahui terhadap hal-hal yang ditetapkan dalam berita acara penjelasan.

Kelima, peserta wajib melampirkan legalitas seperti pendirian, legalitas finansial, dan legalitas izin usaha.

Namun, tender ini sudah berakhir pada Selasa, 9 Januari lalu. Pengumuman pencarian tender konsultan tersebut juga sudah tidak ada di situs resmi KCIC.

Masih mengacu surat pengumuman, calon peserta yang telah melakukan pendaftaran dan diterima sebagai peserta, penyerahan dokumen pengadaan dilakukan pada 10 Januari 2024.

Berdasarkan jadwal, hari ini bakal diadakan rapat penjelasan dengan para peserta yang telah mendaftar. Sementara, untuk klarifikasi dan negosiasi akan dilakukan pada 30 Januari 2024.

Terkait dengan pengadaan tender konsultan Kereta Cepat Jakarta Surabaya (KCJS) ini, VOI sudah menghibungi General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa. Namun, yang bersangkutan belum menjawab hingga berita ini tayang.