Resmi Melantai di Bursa, Harga Saham CGAS Dibuka Naik 24,85 Persen
Foto: (Aris Nurjani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Citra Nusantara Gemilang Tbk (CGAS) atau CNG resmi mencatatkan penawaran umum perdana alias initial public offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI), pada, Senin 8 Januari.

Pada pembukaannya pukul 09.02 WIB, saham CGAS naik 24,85 persen ke posisi harga Rp422.

“Hari ini menjadi tonggak baru bagi perusahaan yang menjadikan kami untuk dapat terpacu untuk meningkatkan kinerja serta meningkatkan pertumbuhan perseroan secara positif, merealisasikan seluruh target untuk berkembang dan berinovasi sehingga berdampak positif bagi perseroan,” kata Direktur Utama CGAS, Andika Purwonugroho saat Seremoni Pencatatan Saham CGAS di Gedung Bursa Efek Indonesia Jakarta pada Senin, 8 Januari 2024.

Mengutip prospektus, CGAS menawarkan sebanyak 531,4 juta saham baru dengan nilai nominal Rp50 per saham atau jumlah saham yang dilepas lewat IPO ini setara 30 persen dari modal yang disetor dan ditempatkan penuh setelah IPO.

Adapun total pesanan yang masuk mencapai 7,88 miliar saham.

Selain itu, CGAS menetapkan harga IPO sebesar Rp338 per saham. Sehingga, CGAS berpotensi mengantongi dana segar sebesar Rp179,62 miliar dari IPO.

Sementara nilai kapitalisasi pasarnya mencapai Rp598,7 miliar.

CGAS bakal tercatat di papan pengembangan BEI dan menjadi perusahaan tercatat ke-2 di BEI tahun 2024.

CGAS juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 265,71 juta Waran Seri I atau sebesar 21,43 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh.

Setiap pemegang dua saham yang ditawarkan berhak memperoleh satu Waren Seri I, di mana setiap waran memberikan hak untuk membeli saham perseroan dengan harga pelaksanaan Rp306.

Waran Seri I akan dilaksanakan setelah enam bulan sejak diterbitkan, yaitu tanggal 8 Juli 2024 sampai dengan tanggal 7 Januari 2025.

Sehingga nilai hasil pelaksanaan Waren Seri I ini sebanyak-banyaknya sekitar Rp81 miliar.