Naik Tiga Persen, Jumlah Penerbangan di Bandara AP II Mencapai 30 Ribu Sepanjang Periode Natal dan Tahun Baru
PT Angkasa Pura II mencatat kenaikan penumpang penerbangan sebesar tiga persen sepanjang libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. (Angkasa Pura II)

Bagikan:

JAKARTA - PT Angkasa Pura II mencatat jumlah penerbangan di bandara-bandara kelolaannya mencapai 30.573 sepanjang periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024. Jumlah ini meningkat 3 persen dibanding tahun lalu.

Selain jumlah penerbangan, AP II juga secara kumulatif melayani hingga 4,20 juta penumpang pesawat di periode tersebut. Bahkan jumlah ini  melebihi target yang dipasang yakni 4,04 juta penumpang.

VP of Corporate Communications AP II Cin Asmoro mengatakan kolaborasi antara seluruh stakeholder menjadikan bandara-bandara AP II mampu memenuhi tingginya permintaan perjalanan udara pada akhir tahun 2023.

“Kami bersyukur pelaksanaan angkutan Natal 2”2023 dan Tahun Baru 2024 di bandara-bandara AP II berjalan dengan baik dan lancar berkat kolaborasi seluruh stakeholde,” ujar Cin Asmoro dalam keterangan resmi, Minggu, 7 Januari.

Cin juga bilang realisasi penumpang pesawat pada angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini juga meningkat sekitar 12 persen dibandingkan dengan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang tercatat 3,74 juta penumpang.

“Secara kumulatif jumlah penerbangan di bandara-bandara AP II pada angkutan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 juga meningkat 3 persen dibandingkan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 atau atau dari 29.604 penerbangan menjadi 30.573 penerbangan,” kata Cin.

Cin mengatakan pada periode Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 ini sejumlah maskapai juga mengoperasikan penerbangan tambahan atau extra flight di bandara-bandara AP II. Total extra flight yang dioperasikan oleh maskapai di bandara-bandara AP II mencapai 1.443 extra flight.

Meskipun kesibukan lalu lintas penerbangan meningkat, Cin mengatakan bandara AP II bersama maskapai dapat menjaga tingkat ketepatan waktu penerbangan atau on time performance (OTP). Dimana, OTP di bandara-bandara AP II secara rata-rata mencapai 80 persen.

“Ini merupakan tingkat yang baik. Pencapaian OTP ini berkat kolaborasi yang baik dari seluruh stakeholder dalam memberikan pelayanan untuk memastikan kelancaran alur keberangkatan serta kedatangan penumpang. Selain itu, kelancaran pengaturan pergerakan pesawat di sisi udara bandara juga memegang peranan penting dalam pencapaian OTP,” jelasnya.