Bagikan:

JAKARTA - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin yakin pasar modal Indonesia mampu semakin lebih baik pada tahun ini. Optimisme tersebut disampaikan saat membuka perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) 2024.

"Secara keseluruhan, 2024 masih menunjukkan tanda-tanda optimisme," katanya dalam pembukaan perdagangan perdana Bursa Efek Indonesia, Selasa, 2 Januari 2024.

Ma'ruf menyampaikan optimisme ini tercermin pada positifnya kinerja pasar modal pada tahun lalu, walaupun ekonomi dan geopolitik global yang tidal optimal, tetapi pertumbuhan ekonomi Indonesia masih stabil dibandingkan negara maju lainnya yang merosot.

"Gejolak perekonomian global akibat fluktuasi harga komoditas dan fragmentasi geopolitik menuntut antisipasi dan respons kebijakan yang fleksibel, terukur dan andal dalam fiskal dan moneter," jelasnya.

Selain itu, Ma'ruf juga mengungkapkan selain stabilitas pasar modal yang terjaga, pertumbuhan positif juga terlihat dari aktivitas perdagangan yang semakin ramai.

"Jumlahnya mencapai 12 juta lebih dan ini mengindikasikan adanya partisipasi masyarakat yang baik," jelasnya.

Ma'ruf juga mengapresiasi berbagai capaian positif dari BEI dan diharapkan dapat memberikan suntikan optimisme bagi pelaku pasar modal dan masyarakat luas secara umum.

"Dengan eksekusi strategi dan kebijakan yang tepat, saya yakin pasar modal mampu bekerja lebih cerah," ungkap Ma'ruf Amin.