Bagikan:

JAKARTA - Calon Wakil Presiden Nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka punya 4 jurus untuk membuka 19 juta lapangan kerja di Indonesia jika dirinya terpilih sebagai Wakil Presiden RI. Gibran menyebut, Indonesia sebagai negara besar harus mampu keluar dari middle income trap.

"Kuncinya menaikkan nilai tambah di dalam negeri, Di tengah gempuran resesi, perang dagang, konflik geopolitik, rerata pertumbuhan ekonomi negara kita tetap resilien di 5 persen," ujar Gibran dalam Debat Calon Wakil Presiden, Jumat 22 Desember.

Ia menambahkan, pertumbuhan ekonomi berkualitas juga didukung oleh penurunan angka pengangguran, kemiskinan dan angka inflasi yang terkendali.

"Kita akan lanjutkan hilisasasi bukan hanya hilirisasi tambang saja. Pertanian, perikanan, digital dan lain-lain," imbuh Gibran.

Tak hanya itu, kata dia, Dirinya bersama Prabowo akan melanjutkan pemerataan pembangunan yang tidak Jawasentris.

"Kita genjot ekonomi kreatif dan UMKM, kita punya 64 juta UMKM yang sumbang 61 persen PDB. kalau 4 langkah tadi kita lakukan InsyaAllah akan terbuka 19 juta lapangan pekerjaan," lanjut dua.

Lebih jauh ia menambahkan, pemerataan pembangunan juga wajib dilakukan. Ia memaparkan, berdasarkan data yang dipegang, saat ini investasi di luar Jawa sudah mencapai 53 persen.

"Pembangunan IKN yang berkelanjutan akan membuka titik pertumbuhan ekonomi baru," kata dia.

IKN menurutnya akan membuka akses dan konektivitas sekaligus membuka lapangan kerja.

"IKN bukan hanya bangun bangunan pemerintahan tapi sebagai simbol pemerataan pembangunan Indonesia dan sebagai simbol transformasi pembangunan Indonesia," pungkas dia.