BI Catat Pembiayaan Korporasi dan Penyaluran Kredit Baru Tumbuh Positif
Bank Indonesia (foto: dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mencatatkan pembiayaan korporasi pada November 2023 tumbuh positif. Hal tersebut tecermin dari Saldo Bersih Tertimbang (SBT) pembiayaan korporasi sebesar 14,9 persen.

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengungkapkan pertumbuhan kebutuhan pembiayaan korporasi tersebut terutama didorong oleh peningkatan kebutuhan pada sektor konstruksi.

"Adapun sumber pembiayaan korporasi terutama berasal dari dana sendiri, diikuti pemanfaatan fasilitas kelonggaran tarik, pinjaman/utang dari perusahaan induk, serta pembiayaan dari perbankan dalam negeri," Jelasnya dalam keterangan resminya, Selasa 19 Desember.

Erwin menyampaikan penyaluran kredit baru oleh perbankan pada November 2023 juga tumbuh positif dengan SBT sebesar 70,4 persen.

Adapun, faktor utama yang memengaruhi penyaluran kredit baru tersebut antara lain permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain.

"Sementara itu, untuk keseluruhan kuartal IV 2023, penawaran penyaluran kredit baru dari perbankan juga diprakirakan tetap tumbuh," Ujarnya.

Sementara, dari sisi rumah tangga, permintaan pembiayaan baru pada November 2023 terindikasi sedikit lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya, dengan mayoritas pembiayaan berasal dari bank umum.

Erwin menyampaikan selain perbankan, sumber pembiayaan yang menjadi preferensi rumah tangga antara lain koperasi dan leasing.