IHSG Jumat Berpeluang Kembali Menguat, Ini Saham-saham yang Direkomendasikan
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) masih berpeluang menguat terbatas pada perdagangan Jumat 8 Desember, setelah mencapai rekor penutupan tertinggi pada 2023, yakni 7.134 pada perdagangan Kamis 7 Desember.

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas William Surya Wijaya menyampaikan pola pergerakan IHSG berhasil menggeser rentang konsolidasi wajar dan masih berpotensi mengalami penguatan terbatas. Namun, adanya sentimen negatif dari terjadinya capital outflow yang tercatat secara ytd masih akan membayangi pergerakan IHSG hingga beberapa waktu mendatang.

"Masih cukup besarnya peluang tekanan tetap perlu diwaspadai oleh para investor," ujarnya dalam publikasi riset.

William memprediksi IHSG berpotensi terkonsolidasi dalam rentang 6.954-7.174. Rekomendasi saham pilihannya adalah BBCA, UNVR, BBNI, TBIG, ICBP, ASRI, TLKM.

Dalam riset berbeda, Phintraco Sekuritas menyebutkan IHSG berpotensi menguat terbatas menguji resistance di 7.180 pada Jumat. Secara teknikal IHSG bertahan diatas garis MA5 meski Stochastic RSI telah memasuki overbought area, resistance 7.180, pivot 7.150, support 7.100.

Sentimen eksternal berasal dari perilisan sejumlah data ekonomi. AS akan merilis data U.S. Michigan Consumer Sentiment (Prel.) Jumat ini, yang diperkirakan naik ke 62 di Desember 2023 dari 61.3 di November 2023.

"Kenaikan consumer sentiment mengindikasikan keyakinan pasar terhadap outlook ekonomi AS, sekaligus memperkuat keyakinan bahwa The Fed akan mempertahankan sukubunga acuan di FOMC Desember mendatang," jelas riset Phintraco Sekuritas.

Masih dari eksternal, data ekonomi lain yang akan rilis berasal dari data ketenagakerjaan AS: Non Farm Payrolls yang diperkirakan naik ke 180 ribu di November 2023 dari 150 ribu di Oktober 2023; Unemployment Rate diperkirakan stabil di 3,9 persen pada November 2023.

Jerman akan rilis data inflasi per November yang diperkirakan akan turun ke 3,2 persen yoy dari sebelumnya 3,8 persen yoy di Oktober. Dari dalam negeri, IHSG akan dipengaruhi oleh antisipasi pasar terhadap rilis data-data ekonomi penting di Jumat (8/12), yaitu data Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) dan retail sales per October.

Rekomendasi saham pada Jumat ini adalah INTP, ICBP, BUKA, HEAL, DOID, ISAT dan TLKM.