Imbas Longsor di Lintas Karanggandul-Karangsari, 12 Perjalanan Kereta Api Terdampak
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Sebanyak 12 perjalanan kereta api (KA) dari berbagai tujuan yang melintasi wilayah Daop 5 Purwokerto dialihkan. Hal ini karena adanya longsor yang menutup jalur rel di KM 340+100 antara Stasiun Karanggandul-Karangsari pada Senin dini hari.

Manager Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Feni Novida Saragih menyampaikan kronologis kejadian, pada Senin pkl 00.58 WIB, jalur hilir terdampak tebing longsor karena curah hujan tinggi.

Kemudian, Tim Gabungan KAI Daop 5 Purwokerto langsung melakukan penanganan dan jalur hulu tetap dapat dilalui sehingga perjalanan KA dialihkan menjadi satu jalur melalui hulu dan KA tetap berjalan.

Pada pukul 04.27 WIB, petugas lapangan KAI melaporkan bahwa kembali terjadi longsoran sehingga dua jalur yakni hilir dan hulu terdampak longsoran dan untuk sementara waktu belum dapat dilalui. Demi keselamatan dan penanganan jalur hilir dan hulu yang terdampak maka perjalanan kereta dialihkan memutar lintas utara.

“Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan pelanggan karena adanya jalur rel yang terdampak longsor,” tututnya dalam keterangan resmi, Senin, 4 Desember.

Feni mengatakan, setidaknya ada 12 perjalanan KA yang terdampak dan harus dialihkan melalui jalur utara dan selatan.

Adapun 12 KA yang terdampak yang perjalanannya memutar yakni:

1. KA 155 Kamandaka (PWT - SMT)

2. KA 147 Sawunggalih (KTA - PSE)

3. KA 116 Ranggajati (CN - JR)

4. KA 18 Argo Semeru (GMR - SGU)

5. KA 141 Fajar Utama Yogya (YK - PSE)

6. 246 KA Bengawan (PSE - PWS)

7. KA 88 Fajar Utama Solo (PSE - SLO)

8. KA 142 Fajar Utama Yogya ( PSE - YK)

9. KA 148 Sawunggalih (PSE - KTA)

10 KA 138 Gajahwong (PSE - LPN)

11. KA 67 Taksaka ( YK - GMR )

12. KA 7 Argo Lawu ( SLO - GMR)