Erick Thohir Tunjuk Bayu Krisnamurthi Jadi Dirut Perum Bulog, Gantikan Buwas
Bayu Krisnamurthi (Foto: Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir mengangkat Bayu Krisnamurthi sebagai Direktur Utama (Dirut) Perum Bulog. Bayu Krisnamurthi menggantikan Budi Waseso yang ditunjuk sebagai Komisaris Utama PT Semen Indonesia (Persero) Tbk.

Pengangkatan tersebut ditetapkan melalui Surat Keputusan Menteri BUMN nomor SK-341/MBU/12/2023 tanggal 1 Desember 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi Perum BULOG.

Dalam surat keputusan itu, Erick Thohir juga menambah satu direksi di Perum Bulog, yakni Direktur Transformasi dan Hubungan Kelembagaan. Sehingga, susunan direksi Perum Bulog yang semula lima direksi kini menjadi enam direksi.

Budi Waseso atau kerap disapa Buwas mengaku, dirinya menerima segala kebijakan dari pemerintah dan dia bersyukur telah memimpin Bulog selama sekitar lima tahun.

"Saya percaya pengganti Bulog lebih baik dan meneruskan transformasi yang sudah berjalan," kata Buwas usai serah terima jabatan secara daring, dikutip dari keterangan tertulis pada Sabtu, 2 Desember.

Sementara, bagi Bayu, pengangkatan dirinya sebagai Dirut Bulog yang baru merupakan amanah dan kepercayaan negara yang harus dijaga dengan baik. Mengingat, posisi Bulog dalam menjaga kedaulatan pangan.

"Sekaligus melanjutkan kepemimpinan Budi Waseso yang menurut saya sudah baik dalam mengawal berjalannya transformasi Bulog sampai saat ini," ujarnya.

Bayu turut memuji kepemimpinan Buwas karena mampu membawa Bulog melewati masa sulit dan menjaga institusi Bulog menjadi yang kuat serta dapat menjalankan setiap misi yang ditugaskan negara dengan baik.

Usai sertijab, Bayu selaku Direktur Utama Bulog yang baru langsung melaksanakan rapat terbatas singkat dengan direksi lama dan baru untuk membahas langkah- langkah selanjutnya menjelang momentum Natal dan Tahun Baru 2024 serta kebijakan lainnya menghadapi kompleksitas dan ketidakpastian global.

Bersamaan dengan penggantian susunan direksi Perum Bulog, Erick Tohir juga mengangkat Arief Prasetyo Adi sebagai Ketua Dewan Pengawas Perum Bulog menggantikan Bayu Krisnamurthi.

Sekadar informasi, Bayu Krisnamurthi pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) periode 2011-2014. Lalu, diangkat sebagai Ketua Dewan Pengawas Perum Bulog.

Kini, Bayu pun siap meneruskan kepemimpinan yang telah dilakukan Buwas, yakni menjadi Dirut Perum Bulog.

Berikut susunan baru direksi Perum Bulog:

Direktur Utama: Bayu Krisnamurthi

Direktur Keuangan: Bagya Mulyanto

Direktur Supply Chain dan Pelayanan Publik: Mokhamad Suyamto

Direktur Bisnis: Febby Novita

Direktur Transformasi dan Hubungan Kelembagaan: Sonya Mamoriska

Susunan baru Dewan Pengawas Perum Bulog:

Ketua: Arief Prasetyo Adi

Anggota Independen: Dian Safitri

Anggota Independen: Donny Gahral Adian

Anggota: Musdhalifah Machmud

Anggota Independen: Zainut Tauhid

Anggota: Fadjry Djufry