Lepas Saham 14 Persen, Vale Gelar RUPSLB Bulan Depan
Saham (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - PT Vale Indonesia Tbk (INCO) akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 6 Desember 2023. Dalam undangan yang diterima VOI, disebutkan salah satu agenda rapat adalah pergantian direksi.

Pelaksanaan pergantian direksi pada RUPSLB ini mengacu pada ketentuan Pasal 8 Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No. 33/POJK.04/2014 tentang Direksi dan Dewan Komisaris Emiten dan Perusahaan Publik, dan sesuai dengan Anggaran Dasar Perseroan, pengunduran diri anggota Direksi diputuskan berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham.

Pergantian direksi ini sejalan dengan pernyataan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif yang menyebut Holding Industri BUMN Pertambangan MIND ID akan menjadi pemegang saham mayoritas dan juga menjadi pengendali di tambang Vale Indonesia.

Adapun MIND ID menjadi pemegang saham mayoritas di Vale Indonesia seiring dengan bertambahnya kepemilikan saham sebesar 14 persen. Sebelumnya, MIND ID memiliki 20 persen saham, dengan begitu kepemilikan saham MIND ID di Vale Indonesia menjadi 34 persen.

“Nanti ada board management, prinsipnya nanti Dirut dan Komut dari pemegang yang terbesar,” kata Arifin.

Namun, sambung Arifin, pergantian posisi Direktur Utama Vale Indonesia ini akan menunggu seluruh proses divestasi rampung. Adapun posisi Dirut Vale saat ini dijabat oleh Febriany Eddy.