Apa Itu Ekonomi Hijau yang Digaungkan oleh Pemerintah dan Manfaatnya bagi Masyarakat?
Apa itu ekonomi hijau (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Ekonomi hijau atau green economy merupakan istilah yang kerap digaungkan oleh pemerintah. Pembahasan mengenai ekonomi hijau selalu berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan (sustainable development) dan memperhatikan permasalahan lingkungan. Lantas apa itu ekonomi hijau dan bagaimana penerapannya?

Pemerintah selalu menekankan agar pembangunan ekonomi harus berlandaskan pada ekonomi hijau. Wacana ini terus digembor-gemborkan untuk menghindari aktivitas ekonomi yang semata berfokus pada lingkungan tapi merugikan alam atau mengabaikan lingkungan. 

Mengingat semakin tingginya permasalahan lingkungan, kegiatan ekonomi diharapkan tidak hanya berfokus pada kesejahteraan rakyat namun juga perlu memperhatikan lingkungan dan sumber daya alam. Oleh karena itu masyarakat perlu tahu apa itu ekonomi hijau dan manfaatnya.

Apa Itu Ekonomi Hijau?

Ekonomi hijau adalah kegiatan ekonomi yang bisa menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui pembatasan sumber daya alam dan rendah karbon. Konsep ekonomi ini diusung untuk meningkatkan kesejahteraan dan kesetaraan sosial masyarakat, sekaligus menghindari risiko kerusakan lingkungan. 

Green economy juga bisa dipahami sebagai suatu sistem ekonomi yang berusaha mengurangi emisi karbon dan efek negatif lainnya pada kondisi alam atau lingkungan. Tujuan ini dapat dicapai dengan langkah penggunaan sumber daya alam secara bijak dan hemat, mengurangi polusi dan limbah, serta mempromosikan pemakaian energi terbarukan dan teknologi bersih. 

Ekonomi hijau merupakan istilah yang dicetuskan pertama kali oleh sekolompok ekonom dalam sebuah laporan bertajuk “Blueprint for a Green Economy” yang ditujukan untuk pemerintah Inggris pada tahun 1989. Dalam laporan tersebut para ekonom menyarankan agar pemerintah Inggris melakukan pembangunan yang sifatnya berkelanjutan. 

Istilah green economy kemudian kembali dimunculkan pada tahun 2008 dalam diskusi kebijakan terhadap berbagai krisis global. Ketika itu, United Nations Environment Programme (UNEP) memperjuangkan gagasan ‘stimulus hijau’ dan menentukan area spesifik sebagai wadah investasi publik dalam skala besar dapat menerapkan konsep ekonomi hijau. 

Manfaat Ekonomi Hijau

Meski sering dikampanyekan oleh pemerintah dan para ekonom, namun tidak sedikit masyarakat yang belum memahami dampak positif dari ekonomi hijau. Berikut ini beberapa manfaat ekonomi hijau yang perlu Anda tahu:

  • Meningkatkan Lapangan Pekerjaan

Salah satu efek positif yang bakal dirasakan dengan penerapan green economy adalah meningkatnya lapangan pekerjaan. Investasi dalam ekonomi hijau diperkirakan dapat menciptakan lapangan pekerjaan lebih luas atau banyak 7-10 kali lipat, dibandingkan investasi konvensional. Hal ini terjadi karena sektor-sektor hijau cenderung bersifat padat karya atau membutuhkan lebih banyak tenaga kerja manusia

  • Mengurangi Polusi dan Limbah

Penerapan green economy juga bermanfaat untuk mengurangi polusi dan limbah yang bisa merusak lingkungan. Ekonomi hijau turut berperan dalam meminimalisir terjadinya pencemaran lingkungan, dengan estimasi penurunan limbah sebanyak 18-52 persen dibandingkan bisnis konvensional. Hal ini juga berimbas positif pada penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 126 juta ton karbondioksida. 

  • Ketahanan Pangan Lebih Stabil

Green economy juga dapat membuat ketahanan pangan nasional menjadi lebih stabil. Dengan menjalankan prinsip-prinsip ekonomi hijau, maka aktivitas ekonomi bisa mencegah perubahan iklim yang berdampak negatif pada hasil pertanian dan kelautan. 

  • Meningkatkan Produk Domestik Bruto Indonesia

Ekonomi hijau tidak hanya mampu membuka lapangan kerja baru, namun juga berpotensi meningkatkan produk domestik bruto (PDB) Indonesia dengan signifikan. Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional membuat kajian yang menyebutkan bahwa penerapan green economy dapat meningkatkan PDB Indonesia sekitar Rp593 triliun hingga Rp638 triliun pada tahun 2030.

Demikianlah ulasan mengenai apa itu ekonomi hijau dan manfaatnya bagi masyarakat dan negara. Konsep ekonomi hijau sangat penting dijalankan demi terciptanya kualitas hidup yang meningkat secara merata dan pertumbuhan ekonomi tanpa mengabaikan lingkungan atau sumber daya alam. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.