Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani berharap, calon presiden (capres) yang terpilih pada 2024 bisa meneruskan berbagai kebijakan ekonomi yang telah dijalankan oleh pemerintahan sebelumnya.

Apalagi, kata dia, Apindo sendiri tengah menyusun peta jalan (roadmap) kebijakan ekonomi yang akan diserahkan ke setiap kandidat capres sebagai rekomendasi penyusunan program ekonomi di era pemerintahan baru.

"Kalau kami prinsipnya tuh lihat visi misi semuanya, arahnya sama mencapai Indonesia Emas 2045. Makanya, Apindo siapin roadmap-nya supaya mereka tahu, nih, apa yang telah jalan dan apa yang harus diperbaiki," kata Shinta usai ditemui dalam acara US-Indonesia Investment Summit 2023 di Hotel Mandarin Oriental Jakarta, Selasa, 24 Oktober.

Shinta mengatakan, ketiga calon presiden memiliki pemikiran yang baik soal keberlanjutan dunia pengusaha.

Hanya saja, kata Shinta, pihaknya ingin memberikan masukan agar nantinya capres terpilih bisa mengetahui kondisi di lapangan secara langsung.

Dengan begitu, lanjutnya, program atau kebijakan yang akan dijalankan selama masa pemerintahan bisa memberikan dampak yang baik, khususnya di kalangan pengusaha.

"Kalau soal keberlanjutan bisnis (business continuity) ketiganya aman. Tapi, secara keseluruhannya (belum tahu) seperti apa. Nah, dengan roadmap yang ada kami memberikan masukan supaya secara spesifik (para capres) tahu kondisi di lapangan. Jadi, kebijakan (policy) apa yang harus diubah dan mana yang sejalan," ungkapnya.

Shinta meyakini, ketiga capres yang ada akan mampu melanjutkan program pemerintah Joko Widodo (Jokowi) ke depannya.

"Saya rasa ketiganya (mampu)," pungkasnya.

Sekadar informasi, hingga saat ini, sudah ada dua bakal calon presiden (capres) dan dua calon wakil presiden (cawapres) 2024 yang sudah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) menjadi pasangan pertama yang mendaftar di KPU sebagai calon presiden (capres) dan wakil presiden (cawapres) 2024 pada Kamis, 19 Oktober 2024.

Kemudian, ada pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD yang juga resmi mendaftar sebagai capres dan cawapres jelang Pemilu 2024.

Terbaru, ada Prabowo Subianto yang baru saja mendeklarasikan dirinya bersama Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan capres dan cawapres Pilpres 2024 pada Minggu malam, 22 Oktober 2023.