Bagikan:

JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki mendorong startup Aqua-Tech asal Jawa Barat, eFishery, agar bisa merambah pasar global. Teten menilai, sektor akuakultur Indonesia harus mengembangkan sayap hingga luar negeri.

"Kami negara kepulauan, kami memiliki kekuatan di agrikultur sama akuakultur. Kami bukan lagi mau main di level Asia, kami harus main di level dunia. Ini bukan omong kosong," kata Menteri Teten di Sabuga ITB, Bandung, Jawa Barat, Rabu, 11 Oktober.

Teten mengatakan, ada banyak produk unggulan Indonesia dalam sektor perikanan, di antaranya udang dan ikan air tawar. Dia menyebut, anggota eFishery sendiri juga bergerak di sektor ikan air tawar dan udang. Sehingga, bukan tidak mungkin produk tersebut bisa dipasarkan secara global.

"Itu kami bisa menjadi pemain dunia untuk udang, lalu ikan air tawar lainnya. Dengan teknologi digital bukan tidak mungkin, ya, masuk punya penetrasi ke luar Indonesia," ucapnya.

Sementara itu, CEO sekaligus Co-Founder eFishery Gibran Huzaifah mengatakan, pihaknya siap untuk merealisasikan harapan pemerintah. Mengingat, saat ini eFishery sendiri sudah melakukan ekspor produk ke Amerika dan China.

"Sekarang itu kami ekspor ke US dan China, produknya itu udang dan dilakukan di kuartal empat ini. Market untuk dua produk itu di Amerika dan China sangat besar," tuturnya.

Gibran mengatakan, selain dua produk unggulan dari anggota eFishery itu, ada juga produk yang kini tengah dimatangkan untuk menembus pasar luar negeri. Produk tersebut adalah ikan nila dan lele.

Dia menegaskan, bahwa eFishery akan berusaha agar kedua produk tersebut bisa menembus pasar global seperti ikan salmon.

"Salmon itu kan Norwegia dan ikut market global. Kami ingin ikan nila dan lele seperti salmon, sehingga nantinya kami akan fokus market di hilir," ungkapnya.

Adapun untuk tahun depan, kata Gibran, eFishery akan melakukan penetrasi ke pasar India. Nantinya, lanjut dia, akan ada manajemen yang ditempatkan di India untuk mengeksplorasi penuh market dan mencari anggota baru eFishery.

"Jadi, di India kami akan komersial, kami akan eksplorasi. Kami ingin eFishery, perusahaan Indonesia ini bisa berguna di level global," imbuhnya.