Gelar Indonesia Digital MeetUp 2023, Smesco Targetkan Kehadiran 3.000 UMKM dari Seluruh Indonesia
Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata. (Foto: Dok. Humas Kemenkop UKM)

Bagikan:

JAKARTA - Sebagai upaya mendukung UMKM naik kelas, Smesco Indonesia kembali mengadakan acara Indonesia Digital MeetUp 2023 (IDM23) pada tahun ini, dengan tema Festival Wirausaha Mudah.

Terdapat dua acara yang akan berlangsung di IDM23, yaitu Exhibition Day dan Conference Day.

Acara ini akan diselenggarakan di Gedung Smesco Indonesia, Jakarta, pada 5-6 Oktober 2023, mulai pukul 09.00 WIB sampai 20.00 WIB.

Indonesia Digital MeetUp merupakan satu-satunya acara di Indonesia yang memberikan beragam solusi digital bagi UKM yang ingin meningkatkan bisnisnya.

Dengan tagline 'Datang Bawa Ide, Pulang Punya Bisnis', Indonesia Digital MeetUp kali ini juga menyasar wirausaha pemula dan calon wirausaha.

Hal ini berbeda dengan tahun lalu, yang hanya menyasar wirausaha mapan digital.

"Jadi, kalau (Indonesia) mau masuk ke dalam kategori negara maju, jumlah wirausaha harus dinaikkan rasionya, oleh karena itulah mengapa Smesco Indonesia bersama Kementerian Koperasi dan UKM menciptakan ekosistem yang mendukung," ujar Direktur Utama Smesco Indonesia Leonard Theosabrata dalam keterangan tertulisnya, dikutip Rabu, 4 Oktober.

Leonard menambahkan, pentingnya ekosistem bagi UKM tersebut akan mempermudah mereka dalam mengelola usaha yang ada di dalam ekosistem tersebut, mulai dari hulu sampai ke hilir.

"Ini menjadi penting karena teman-teman UKM yang mau membuka usaha kalau bisa mendapatkan fasilitas seperti ini, baik itu akses ke bahan baku, manufaktur, logistik, pemasaran, sampai kemudian chanel digital ke penjualan, ini akan menjadi lebih mudah dan produk bisa lebih kompetitif," ujarnya.

Pada kesempatan sama, Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia Wientor Rah Mada menambahkan, bahwa IDM23 bertujuan untuk menjadi titik temu para pelaku UKM guna saling bertukar strategi, bertukar pikiran, berdiskusi mengenai kondisi yang sekarang maupun kondisi yang akan datang.

Wientor mengatakan, pihaknya menargetkan Indonesia Digital MeetUp 2023 dihadiri sekitar 3.000 UKM dari seluruh Indonesia.

Dalam acara Indonesia Digital MeetUp 2023, nantinya ada 80 booth perusahaan yang berisikan enam jenis kemudahan yang bisa didapatkan pengunjung, yakni kemudahan perizinan, produksi, logistik, marketing, enabler, dan pembiayaan.

Selain itu, pengunjung juga dapat melakukan konsultasi hukum gratis untuk UKM, foto produk gratis untuk UKM dan konsultasi iklan, hingga branding di media sosial.

Sedangkan, untuk Conference Day, akan ada talkshow, firechat, atau monotalk dari praktisi atau UKM yang berhasil dengan strategi digital.

Adapun topik yang akan dibahas, seperti live streaming, video ads, Instagram ads, Facebook Ads, Strategi IPO untuk UKM, sosial media guerilla marketing, copywriting, Google ads, SEO, Video organic viral, dan sebagainya.

Menurut rencana, acara tersebut nantinya dibuka secara langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki.