JAKARTA - Bank Himbara bersama PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) sebagai bagian dari Holding BUMN Danareksa membarui layanan pada ATM Link.
Nantinya, fitur pada ATM Link akan bertambah secara bertahap menjadi 335 fitur.
Jadi, nantinya layanan dalam ATM Link ini akan memenuhi semua fitur yang dimiliki bank himbara yakni BNI, BRI, Bank Mandiri dan BTN.
Ketua Tim Konsultasi ATM Himbara Adi Sulistyowati mengatakan, ada 335 fitur baru yang akan ada di ATM Link.
Ratusan fitur itu adalah gabungan fitur-fitur milik empat Bank Himbara.
Susi, sapaan akrabnya menjelaskan, bawah ATM Link tidak hanya melayani transkasi tarik dan transfer, tetapi juga bisa menyetor tunai atau cash recycle machine (CRM) untuk semua nasabah Himbara.
“Ini fitur-fitur baru ini kan dijadikan satu sistem, sebelumnya kan fiturnya masing-masing dengan empat bank ini kurang lebih ada 335 fitur yang menjadi satu yang membantu para nasbah. Ini transkasi ada ATM dan CRM itu bisa setor,” tuturnya di Jakarta, Selasa, 26 September.
“Fitur lain diharapkan juga bisa membayar KUR, cicilan rumah bayar listrik, jari bisa fitur empat bank dijadikan satu,” sambungnya.
Tak hanya itu, Wakil Direktur Utama Bank BNI ini menjelaskan nantinya ATM Link juga akan melayani transaksi e-commerce dan fintech.
“Bahwa ini bekerja sama dengqn fintech dan e-commerce membutuhkan dikembangkan, yang bisa dikerjakan ekosistem BUMN,” pungkasnya.
Ke depan, kata Susi, dengan adanya integrasi dan pembaruan tampilan ATM Link ini, para nasabah dapat memiliki pengalaman yang sama saat bertransaksi di jaringan Link manapun tanpa adanya perubahan fitur dan tarif layanan.
Sementara itu, Direktur Utama Jalin Ario Tejo Bayu Aji menyampaikan apresiasi pada Kementerian BUMN serta Himbara karena telah mempercayakan amanah tersebut kepada Jalin.
"Kami sangat bangga dapat mendukung integrasi dan pembaruan tampilan pada ATM Link secara bertahap. Layanan keuangan yang inklusif serta efisien adalah komitmen Himbara dan Jalin dalam mendukung Kementerian BUMN sebagai agen penciptaan nilai dan pembangunan yang mendukung pertumbuhan ekonomi nasional,” katanya.
Sekadar informasi, ATM Link adalah jaringan ATM milik HIMBARA (BRI, BNI, Mandiri, dan BTN) dengan cakupan lebih dari 50.000 unit ATM. Integrasi ATM Link di bawah pengelolaan Jalin bertujuan untuk menyatukan empat layanan bank menjadi satu layanan yang terpadu (Link).
Strategi optimalisasi penempatan mesin ATM dan CRM akan menjadi kunci dalam menyediakan layanan ATM Himbara yang lebih luas, sehingga dapat mencakup seluruh provinsi dan sampai ke pelosok kabupaten/kota di seluruh negeri.
Jaringan ATM Link memungkinkan bank yang tergabung di dalamnya dapat mengakses layanan seperti Cek Saldo, Tarik Tunai, Transfer Uang, dan Pembayaran Tagihan kepada nasabah.
BACA JUGA:
Adapun lima keunggulan ATM Link sebagai berikut:
a. Jangkauan yang Luas: ATM Link meliputi area yang lebih luas, memastikan akses perbankan hingga seluruh Indonesia.
b. Akses yang Lebih Dekat: Dengan menyediakan layanan dari empat bank dalam satu jaringan yang berjumlah lebih dari 50.000 mesin ATM dan CRM.
c. Biaya yang Lebih Terjangkau: ATM Link menyajikan biaya transaksi yang tetap efisien, memberikan manfaat finansial yang signifikan bagi penggunanya.
d. Dinamis dan Adaptif: Jaringan ATM Link selalu meningkatkan layanannya baik secara penempatan lokasi, teknologi maupun kelengkapan fitur, guna terus melayani kebutuhan masyarakat yang dinamis
e. Mendukung Keberlanjutan Sistem Pembayaran: ATM Link, yang berasal dari inisiatif Kementerian BUMN dengan dukungan HIMBARA, mendukung visi inklusi keuangan di masa mendatang, termasuk dalam peluang kerja sama dengan bank lain serta fintech, sejalan dengan roadmap BSPI 2025.