Dibentuk Juli 2023, Hub UMK PLN Jakarta Raya Berhasil Tarik 354 Pelaku Bisnis
UMKM binaan Hub UMK Jakarta berkesempatan untuk menjual produk mereka di TJSL Day PLN UID Jakarta Raya setiap hari Jumat. (Istimewa)

Bagikan:

JAKARTA- - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta Raya membentuk Hub Usaha Mikro (UMK) yang sudah memiliki 354 anggota dari berbagai bidang usaha. Menariknya, sejak dibentuk pada Juli 2023, sebanyak 73% anggota Hub UMK Jakarta ini bergerak di bidang kuliner.

Lasiran, General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya menjelaskan, Hub UMK Jakarta adalah wujud PLN UID Jakarta Raya guna menjalankan bisnis berkelanjutan.

"PLN Peduli hadir melalui Hub UMK Jakarta ini untuk merangkul para pelaku usaha mikro dengan tujuan akhir turut menggerakkan perekonomian nasional," ujar Lasiran dalam keterangan tertulisnya kepada media, Minggu (17/9/2023,).

Diketahui, kontribusi sektor UMKM dalam Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 61%. Hal ini menjadikan UMKM ini sebagai pilar penting dalam pembangunan ekonomi di Indonesia. PLN Peduli hadir berkolaborasi dengan pemerintah untuk terus meningkatkan daya saing usaha mikro dan usaha kecil agar bisa bertahan di pasar nasional dan global.

"Jadi dalam menjalankan bisnis, PLN itu tidak hanya 'profit oriented' saja, tetapi juga turut mendukung terwujudnya 'Sustainable Developement Goals' atau 'SDG's'dengan beberapa pilarnya," papar Lasiran.

Hub UMK Jakarta melakukan pembinaan terhadap anggotanya dengan melakukan berbagai pelatihan, pendampingan, serta dorongan untuk naik kelas. Terdapat 276 UMK yang saat ini sudah tersertifikasi dan sebanyak 78 lainnya masih dalam proses.

Agung Yudha,  Manager Operasional Hub UMK Jakarta,  mengurai optimismenya jika Hub UMK Jakarta dapat merangkul lebih banyak UMK untuk bisa bergabung dalam Hub UMK Jakarta.

Pelatihan yang  telah diberikan kepada anggota Hub UMK Jakarta sampai dengan Agustus antara lain foto produk, kemasan produk, kelistrikan 'food truck' dan promosi.

Berbagai media promosi disiapkan Hub UMK Jakarta untuk dapat mengembangkan anggotanya,  di antaranya melalui media sosial, platform belanja online sampai dengan pameran atau bazar.