Sri Mulyani Bawa Kabar Baik dari G20 India: Belanda Siap Dukung Pembangunan di ASEAN
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) saat bertemu Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di G20 India (Foto: Instagram @smindrawati)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani yang mendampingi Presiden Joko Widodo di rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 India menyampaikan bahwa pemerintah Belanda menyatakan komitmen untuk berpartisipasi dalam pembangunan berkelanjutan di ASEAN. Hal itu dia sampaikan melalui pesan tertulis dari New Delhi pada hari ini, Minggu, 10 September.

“Saya bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menko Marves Luhut Pandjaitan, Menlu Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno mendampingi Presiden Jokowi bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte,” kata Menkeu melalui akun Instagram @smindrawati.

“Bapak Presiden menyambut baik kontribusi Belanda yang kini telah resmi menjadi mitra pembangunan di ASEAN,” imbuhnya.

Menkeu menjelaskan, Presiden juga berharap Belanda dapat memberikan dukungan kepada Indonesia dalam mengembangkan teknologi rendah karbon.

“Kita juga ingin mendorong penghapusan EU Deforestation Regulation, serta inisiatif Indonesia untuk bergabung sebagai anggota dari OECD,” tuturnya.

Menkeu menambahkan, Indonesia juga mengapresiasi inisiatif Belanda untuk membangun Center of Excellence di Surakarta. Tidak hanya itu, pemerintah RI menyatakan dukungan kepada Belanda dalam hal rencana penyelenggaraan KTT terkait bidang energi baru/terbarukan dan iklim.

“Semoga kerja sama ini akan menciptakan kerja sama yang makin erat bagi kedua pihak. Saling memberikan dukungan untuk kemajuan kedua wilayah. New Delhi – India, 10 September 2023,” tutup Menkeu Sri Mulyani.