Bagikan:

JAKARTA - Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR menargetkan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur I akan beroperasi mulai Oktober 2024.

"SPAM Jatiluhur 1 sudah jalan. Kemarin saya minta di bulan Oktober 2024 itu sudah bisa commercial operation date (COD)," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti di Jakarta, dikutip Kamis, 7 September.

Diana mengatakan, bahwa pembangunan SPAM Jatiluhur I saat ini sudah berjalan. SPAM ini memiliki dua Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang berlokasi di Cibeet dan Bekasi, Jawa Barat.

Adapun progres pekerjaan IPA di Cibeet sudah mencapai sekitar 70 persen dan untuk progres IPA di Bekasi, Jawa Barat, mencapai 20-30 persen.

"Ini mudah-mudahan 2024 sudah bisa nyambung semuanya," kata dia.

Sekadar informasi, SPAM Regional Jatiluhur I merupakan proyek Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) infrastruktur air minum, yang mana SPAM Regional Jatiluhur I menyediakan pasokan air minum sebesar 4.750 liter per detik, yang didistribusikan kepada sekitar 380.000 sambungan rumah (SR) atau sekitar 1,9 juta jiwa yang ada di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat yakni Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang.

Ruang lingkup kegiatan pembangunannya meliputi pembangunan intake, pipa transmisi, instalasi pengolahan air (IPA), dan jaringan pengembangan utama.

SPAM ini memanfaatkan air baku dari Bendungan Jatiluhur di Provinsi Jawa Barat yang disalurkan melalui Saluran Tarum Barat.