Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Jatiluhur I di Provinsi Jawa Barat rampung pada September 2024.

"SPAM Regional Jatiluhur I akan melayani Jakarta Timur 4.000 liter per detik dan direncanakan selesai pada September 2024," kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air Kementerian PUPR Bob Arthur Lambogia dalam Seminar Nasional Giant Sea Wall di Jakarta, Rabu, 10 Januari.

Bob mengatakan, pembangunan SPAM Jatiluhur merupakan bagian dari program Kementerian PUPR untuk menyelesaikan permasalahan lingkungan yang terjadi di pesisir pantai utara Jawa, khususnya di Pantai Utara Jakarta.

"Kementerian PUPR telah memprogramkan dan melaksanakan beberapa program untuk mengatasi permasalahan tersebut. Untuk penyediaan air bersih dari air permukaan dilaksanakan melalui pembangunan SPAM Regional Karian-Serpong," ujarnya.

Dia menyebut, pasokan air untuk SPAM ini berasal dari pembangunan Bendungan Karian di Banten yang telah diselesaikan pada tahun ini dan dengan kapasitas tampung mencapai 315 juta meter kubik yang dapat memasok air baku, khususnya untuk Jakarta bagian Barat.

Menurut Bob, sebenarnya permasalahan pesisir pantai utara, khususnya di pantai utara Jakarta bukan hanya sekadar menangani permasalahan banjir rob yang terjadi, melainkan adanya permasalahan terkait lingkungan.

"Ada tiga hal yang harus kami lakukan dalam upaya pemulihan lingkungan yaitu, pertama penyediaan air bersih melalui air permukaan, kedua adalah sanitasi dalam hal ini kualitas air dan limbah serta ketiga adalah pengendalian banjir, baik banjir dari hulu maupun banjir rob yang berasal dari laut," ucapnya.

Adapun pembangunan SPAM Regional Jatiluhur I terdiri dari sistem hulu dan hilir.

Sistem hulu dilaksanakan melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan lingkup kegiatannya meliputi pembangunan intake, pipa transmisi, instalasi pengolahan air (IPA) dan jaringan distribusi utama hingga titik serah (offtake).

SPAM ini memiliki dua Instalasi Pengolahan Air (IPA) yang berlokasi di Cibeet dan Bekasi, Jawa Barat.

Proyek SPAM Regional Jatiluhur yang dimulai sejak Januari 2022 diprakarsai oleh Konsorsium PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama Tbk-PT Wijaya Karya (Persero) Tbk.-PT Tirta Gemah Ripah dengan masa kerja sama 30 tahun.

Nantinya, SPAM Regional Jatiluhur I dapat menyediakan pasokan air minum sebesar 4.750 liter per detik dengan proyeksi mampu mendistribusikan kepada sekitar 380.000 sambungan rumah (SR) atau sekitar 1,9 juta jiwa yang ada di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat, khususnya Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Karawang.

Alokasi air minum curah untuk masing-masing wilayah layanan SPAM Regional Jatiluhur I yakni, DKI Jakarta sebesar 4.000 liter per detik, Kota Bekasi sebesar 300 liter per detik, Kabupaten Bekasi sebesar 100 liter per detik dan Kabupaten Karawang sebesar 350 liter per detik.