Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Australia Barat mengirimkan 130 delegasinya dalam kunjugan ke Indonesia untuk meakukan misi investasi dan perdagangan.

Premier, Minister for State and Industry Development, Jobs and Trade, Roger Cook mengatakan, fokus utama daari misi ini adalah pada hasil investasi dan perdagangan pada transisi energi, industri kreatif dan ekonomi digital, pendidikan internasional, industri primer dan pariwisata.

"Dijuluki sebagai misi besar karena jumlah delegasi yang terlibat belum pernah terjadi sebelumnya, misi ini telah dimulai Jakarta, dan melibatkan lebih dari 130 perwakilan penting Pemerintah dan dunia usaha, termasuk tiga anggota kabinet Cook," ujar Cook dalam sambutannya yang dikutip Senin, 4 September.

Lebih jauh, ia menjelaskan, jika Indonesia Connect Roadshow menyediakan platform untuk mempromosikan Western Australia (WA) sebagai mitra yang diakui dan terpercaya, serta peluang bagi bisnis di WA untuk terlibat dalam perdagangan, investasi, dan pertukaran budaya.

Roadshow dimulai di Jakarta dengan ASEAN Business and Investment Summit yang diselenggarakan oleh Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN).

Cook menjelaskan, Summit ini akan mempromosikan peluang kolaborasi di sektor energi.

Misi di Jakarta juga akan mencakup Energy Roundtable dengan KADIN, yang akan diselenggarakan di sela-sela ASEAN Business and Investment Summit.

Hal ini akan berfokus pada pengembangan rantai pasokan industri mineral dan baterai yang bernilai tambah, tangguh dan berkelanjutan di kedua wilayah.

"Roundtable ini menindaklanjuti rencana aksi terkait mineral penting yang ditandatangani saat kunjungan Presiden Indonesia Joko Widodo ke Sydney pada bulan Juli," kata dia.

Dia menjelaskan, jika hubungan WA dengan Indonesia merupakan pendorong perekonomian utama bagi pihaknya karena WA mengekspor barang ke Indonesia senilai 3,8 miliar dolar Australia pada tahun 2022.

Jumlah ini di atas rata-rata tahunan sebesar 2,3 miliar dolar Australia selama 10 tahun terakhir.

Selain itu, WA juga menyumbang seperempat dari total perdagangan barang Australia dengan Indonesia pada tahun 2022.

"Indonesia adalah mitra dagang penting WA, dengan nilai perdagangan barang senilai 4,6 miliar dolar Australia di tahun 2022 dan ekspor minyak bumi ke Indonesia meningkat 16 persen menjadi 1,2 miliar dolar Australia pada tahun 2022," bebernya.

“Indonesia adalah mitra yang diakui dan dipercaya dan oleh karena itu penting bagi kita untuk mencari cara-cara baru untuk memperdalam hubungan kita yang memberikan peluang investasi dan lapangan kerja lokal bagi warga WA," pungkas Cook.