Apa Itu Jasa Maklon: Berikut Penjelasannya
Apa Itu Jasa Maklon (Gambar @ cookie_studio - Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Terkadang seorang ataupun sesuatu badan usaha membuat produk dengan brand sendiri, yang diyakini mempunyai kemampuan buat berkembang besar. Tetapi, tanpa terdapatnya sumber energi yang mumpuni, dan pengetahuan yang khusus, buat mewujudkan inspirasi tersebut pasti berat. Jadi apa itu jasa maklon?

Dalam dunia usaha terdapat perusahaan yang mengkhususkan diri buat memfasilitasi pembuatan bahan- bahan buat klien yang tidak mempunyai kemampuan maupun sumber daya produksi. Sektor usaha industri ini disebut selaku jasa maklon.

Lewat jasa maklon, seorang ataupun sesuatu badan usaha tidak butuh lagi memusingkan faktor- faktor penciptaan, semacam membangun pabrik, membeli peralatan produksi, serta membayar upah tenaga kerja.

Apa Itu Jasa Maklon

Sebutan maklon berasal dari bahasa Belanda, ialah" maakloon", yang dalam bahasa Inggris bisa dimaksud selaku manufacturing fee. Kata maakloon ini setelah itu diserap ke dalam bahasa Indonesia jadi maklon.

Syarat terpaut jasa maklon di antara lain tercantum dalam Undang- undang( UU) Pajak Pertambahan Nilai( PPN), UU Pajak Penghasilan( PPh), Peraturan Menteri Keuangan( PMK) No 32/ PMK. 010/ 2019, serta PMK No 141/ PMK. 03/ 2015.

Mengacu pada Pasal 2 Ayat( 4) PMK 141/ PMK. 03/ 2015, yang diartikan dengan jasa maklon yakni:

" Pemberian jasa dalam rangka proses penyelesaian suatu barang tertentu yang proses pengerjaannya dilakukan oleh pihak pemberi jasa( disubkontrakkan), yang spesifikasi, bahan baku, barang setengah jadi, dan/ atau bahan penolong/ pembantu yang akan diproses sebagian atau seluruhnya disediakan oleh pengguna jasa, serta kepemilikan atas barang jadi berada pada pengguna jasa."

Jasa maklon utamanya mempunyai 2 identitas. Awal, pengguna jasa wajib sediakan spesifikasi, bahan baku, barang setengah jadi, serta/ ataupun bahan penolong/ pembantu yang bakal diproses sebagian ataupun sepenuhnya disediakan oleh pengguna jasa. Ini sebab watak dari industri yang menawarkan jasa maklon seluruhnya cuma sediakan jasa buat memproduksi.

Kedua, kepemilikan atas benda jadi yang dibuat lewat jasa maklon terletak pada pengguna jasa. Maksudnya, pemasaran serta hak penjualan seluruh dipegang oleh pengguna jasa maklon. Oleh sebab itu, industri yang memproduksi tidak bisa menjual, ataupun mendistribusikanya tanpa izin ataupun konvensi terlebih dulu.

Aspek Perpajakan dalam Jasa Maklon

Sama semacam jasa pada biasanya, jasa maklon ialah salah satu tipe jasa kena pajak( JKP). Maksudnya, atas penyerahannya dikenakan pungutan PPN. Tidak hanya itu, selaku badan usaha, penyedia jasa maklon pula tidak luput dari kewajiban membayar PPh Pasal 23.

1. PPN

Buat PPN, bila mengacu pada ketentuan baru dalam perpajakan, ialah UU Harmonisasi Peraturan Perpajakan, hingga tarif PPN yang berlaku yakni 11%. Tetapi, terdapat perlakuan spesial untuk jasa maklon yang hasil produksinya digunakan buat keperluan ekspor alias pengguna jasanya terletak di luar daerah pabean.

Sarana PPN yang diberikan oleh pemerintah merupakan PPN 0%. Ekspor jasa maklon yang memperoleh tarif PPN 0% wajib penuhi sebagian syarat, antara lain:

  • Spesifikasi dan bahan baku atau setengah jadi disediakan oleh penerima barang/pengguna jasa. 
  • Bahan baku atau setengah jadi diproses untuk menghasilkan BKP. Kepemilikan atas BKP berada pada pengguna jasa. 
  • Pengiriman BKP yang dihasilkan oleh pengusaha jasa maklon dilakukan ke luar daerah pabean. 
  • Layanan jasa maklon ditujukan kepada penerima ekspor atau wajib pajak luar negeri.

Tarif PPN 0% ini berbeda dengan sarana PPN dibebaskan maupun sarana tidak dikenakan PPN. Perbandingan utamanya yakni, dalam sarana PPN 0% penyerahan BKP serta/ ataupun JKP oleh pengusaha kena pajak( PKP) tetap terutang PPN.

Maksudnya, penyerahannya tetap dikenakan PPN, namun diberikan fasilitas berupa pengenaan tarif 0%. Konsekuensinya, PKP tetap wajib membuat faktur pajak.

Tidak hanya itu, PKP yang melaksanakan ekspor harus melaporkannya dalam Pesan Pemberitahuan( SPT) Masa PPN. Jasa maklon yang memperoleh sarana PPN 0%, harus membuat faktur pajak bernama pesan pemberitahuan ekspor JKP. Pesan pemberitahuan ini harus diiringi lampiran berbentuk invoice, selaku satu kesatuan. Invoice ini, jadi dokumen yang perlakuannya dipersamakan dengan faktur pajak.

2. PPh Pasal 23

Atas imbalan sehubungan dengan jasa maklon dipotong PPh sebesar 2% dari jumlah bruto, tidak tercantum PPN. Jumlah bruto yang diartikan merupakan seluruh jumlah pemasukan dengan nama serta dalam wujud apapun yang dibayarkan, disediakan buat dibayarkan ataupun sudah jatuh tempo pembayarannya.

Contoh penghitungan PPh Pasal 23 buat jasa maklon ini merupakan selaku berikut. Misalnya, PT ABC mengikat kontrak dengan PT DEF buat memproduksi baju dengan brand PT ABC, bersumber pada model serta spesifikasi yang sudah didetetapkan oleh PT ABC.

Dalam kontrak disepakati kalau PT ABC bakal sediakan bahan baku utama serta bahan bonus. Imbalan yang disepakati atas kontrak tersebut merupakan sebesar Rp l00 juta tidak tercantum bayaran bahan bonus.

Hingga, pemotongan PPh Pasal 23 buat transaksi di atas yakni, atas pembayaran yang dilakukan oleh PT ABC kepada PT DEF, dipotong PPh Pasal 23 atas jasa maklon sebesar 2% dikali Rp 100 juta, ialah sebesar Rp 2 juta.

Jadi setelah mengetahui apa itu jasa maklon, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!